alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Anggaran Mudik Gratis Bisa Dialihkan untuk Voucher Sembako Lebaran

Taufik Budi

SEMARANG - Pemerintah diminta segera mengeluarkan aturan larangan mudik untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Anggaran mudik gratis yang biasa digelontorkan tiap tahun bisa dialihkan kepada pemudik berupa bantuan sembako.

"Jika nantinya memang diputuskan ditiadakan program mudik gratis, maka anggaran mudik gratis dapat dialihkan kepada pemudik dalam bentuk voucher bantuan sembako Lebaran," kata pengamat transportasi Djoko Setijowarno, Minggu (29/3/2020).

Dia menjelaskan, distribusi bantuan sembako bisa menggunakan data peserta mudik gratis tahun lalu. Teknis penyaluran bisa dengan cara menggandeng minimarket sehingga tak terjadi kerumunan massa bila dikumpulkan di satu tempat tertentu. (Baca juga: Keputusan Lambat Buka Potensi Pemudik Tularkan Corona)



"Masyarakat yang mengikuti program mudik gratis tahun lalu lebih diprioritaskan. Data pemudik gratis itu masih ada dan bisa digunakan untuk pemberian bantuan itu. Pemerintah dapat bekerja sama dengan pengusaha minimarket, sehingga voucher tersebut mudah ditukarkan ke minimarket terdekat," katanya.

Menurutnya, pemerintah dan polisi mesti mewaspadai potensi membeludaknya arus mudik dengan sepeda motor. Kepolisian dinilai memiliki kewenangan mengeluarkan maklumat penggunaan jalan raya saat mudik Lebaran beserta sanksi hukumnya.

"Yang harus diwaspadai adalah akan mebeludaknya penggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran. Kepolisian memiliki kewenangan mengatur arus lalu lintas di jalan raya," katanya.

"Di saat Lebaran, masyarakat masih bisa melakukan video call dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman. Pemerintah dapat memberikan keringanan biaya penggunaan telepon seluler," ujarnya.



(amm)