alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mulai Hari Ini, Pulau Karimunjawa Tertutup bagi Wisatawan

Ahmad Antoni

JEPARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mulai Minggu (29/3/2020) hari ini menutup kawasan objek wisata Karimunjawa bagi pengunjung atau wisatawan dari luar wilayah Karimunjawa.

Penutupan tersebut sebagai langkah pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru, Covid-19 yang semakin mengganas.

Operator pelayanan Jepara Karimunjawa, Express Bahari dan Pimpinan ASDP yang menjalankan Kapal Siginjai telah diinstruksikan hanya melayani penumpang atau pembelian tiket bagi penduduk Karimunjawa, serta melayani keperluan kedinasan dan pengiriman logistik.



Hal itu mengacu pada Surat No 300.3/1485 tertanggal 28 Maret 2020, Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko yang juga Ketua Umum Satgas Coviod–19 Kabupaten Jepara.

Untuk saat ini, pintu masuk ke Karimunjawa adalah Dermaga Pantai Kartini Jepara. Penyeberangan dilayani dua kapal yakni Express Bahari dan kapal Siginjai milik ASDP.

"Tidak boleh ada penumpang kapal dari luar wilayah Karimunjawa, termasuk dari kecamatan lain di Jepara sekali pun. Kecuali untuk urusan dinas dan pengiriman logistik," kata Sekretaris Satgas Covid-19, Arwin Noor Isdiyanto.

Dalam surat tersebut memang tidak disebutkan batas akhir penutupan Karimunjawa dari pengujung luar wilayah. Namun hanya disebutkan sampai batas waktu yang akan diberitahukan kemudian.

Terkait Karimunjawa, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendukung karena merupakan kawasan wisata. Hanya warga lokal dan angkutan kebutuhan pokok yang bisa masuk.

"Pemkab Jepara sudah berkoordinasi dengan kami, saya minta kepala dinas pemuda dan olahraga untuk berkomunikasi," kata Ganjar, Sabtu (28/3/2020) malam.



(amm)