alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Malam Ini Merapi Kembali Erupsi, Warga Diminta Tetap Tenang

Suharjono

YOGYAKARTA - Gunung Merapi malam ini kembali erupsi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan erupsi untuk kedua kali sepanjang hari Jumat (27/3/2020) terjadi pada pukul 21:46 WIB.

Dalam Twitter BPPTKG menyebutkan erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 40 mm dan durasi 180 detik. Teramati kolom erupsi setinggi 1.000 meter di atas puncak dengan condong ke arah Barat.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, erupsi Gunung Merapi memang tidak diawali dengan tanda tanda atau prekursor yang jelas. "Malam ini kembali erupsi dengan ketinggian Kolom mencapai 1 Km,“ terangnya kepada wartawan Jumat (27/3/2020) malam.



Meskipun dua kali erupsi namun Hanik memastikan belum ada perubahan status. Hingga saat ini status Merapi masih waspada atau level II.

“Kemungkinan besar Merapi bisa erupsi lagi. Dan tidak ada tanda tanda seperti sebelumnya. Namun kami minta warga tetap tenang. Jarak aman pada radius lebih dari 3 Km dari puncak Merapi,“ katanya. (Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, Sleman Masih Aman dari Hujan Abu)



(nun)