alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Corona, Warga Sleman Semprot Lingkungan Secara Mandiri

Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Masifnya penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) meningkatkan kesadaran masytrakat Sleman dalam menjaga kebersihan lingkuangannya untuk mencegah Covid-19. Di antaranya dengan melakukan penyemprotan disinfentan secara mandiri di lingkungan dan rumah warga serta fasilitas umum, seperti masjid.

Hal itu seperti yang dilakukan warga Dusun Karangmojo,Purwomartani, Kalasan, Sedan dan Tambakrejo, Sariharjo, Ngaglik,Sleman. Para warga tersebut secara swadaya membeli disinfektan untuk penyemprotan di daerah mereka. “Penyemprotan ini atas inisiatif pemuda-pemuda Karangmojo,” kata warga Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Wahyu, 41.

Selain melakukan penyemprotan lingkungan, rumah dan fasilitas umum, para pemuda-pemudi Karangmojo juga melakukan sosialiasi tentang pencegahan Covid-19, yaitu dengan menempelkan stiker cara mencegah Covid-19, di rumah warga setelah disemprot disinfektan. “Kami sangat mendukung dengan kegiatan para pemuda ini,” terangnya.



Hal yang sama diungkapkan Dukuh Tambakrejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Kardiyono. Ia mengatakan penyemprota disinfetan massal secara mandiri ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini baru yang pertama kali dan akan diusahakan terus melakukan penyemprotan disinfektan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Disinfektan ini kami beli secara mandiri. Untuk itu, berharap nantinya pemerintah melakukan disinfektan ke dusun-dusun,” harapnya.

Sementara, Koordinator Operasional Satgas Covid - 19 Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jajang Sukendar menjelaskan, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, khususnya di wilayah Dusun Sedan.

Penyemprotan untuk sementara hanya dilingkungan luar rumah. Bagi warga yang ingin penyemprotkan disinfektan didalam rumah dipersilahkan dapat dilakukan sendiri.

“Kami juga mengajak seluruh warga Dusun Sedan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Dukuh Sedan Miyarno mendukung kegiatan penyemprotan disinfektan diwilayahnya. Dirimya mengingatkan agar para petugas yang menyemprotkan disinfektan wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dengan penggunaan masker.

Miyarno meminta kepada warga khususnya anak-anak tidak perlu keluar rumah saat kegiatan penyemprotan diluar rumah serta berharap kepada masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak berkumpul guna mencegah penyebaran virus Corona.

Ketua RT 06 Suratman juga mendukung adanya kegiatan penyemprotan disinfektan. Dia berharap dengan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan dapat memimalisir penyebaran virus Corona. Suratman meminta kepada RT 06 khususnya yang memiliki usaha kost-kosatan maupun penginapan untuk sementara tidak menerima tamu sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona.



(nun)