alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

RS UNS Solo Siap Menjadi Rujukan Pasien Covid-19

Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membentuk satuan tugas (satgas) untuk menangani orang yang terindikasi terjangkit Covid-19 atau corona. RS UNS merupakan satu dari sepuluh RS Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar menjadi RS rujukan Covid-19.

Juru bicara Satgas Covid-19 RS UNS Solo, dr Tonang Dwi Ardyanto Sp.PK Ph.D mengatakan, langkah cepat langsung dilakukan RS UNS guna menindaklanjuti permintaan Kemenkes. “Diantaranya dengan menyiapkan petugas pelayanan, sarana prasarana termasuk ruang isolasi, dan bahan medis habis pakai untuk pemeriksaan dan perawatan pasien Covid-19 yang sesuai standar WHO dan Kemenkes,” kata Tonang Dwi Ardyanto, Minggu (22/3/2020).

Proses yang dilakukan dinamis menyesuaikan perkembangan. Mengenai jumlah tenaga medis yang dipersiapkan dalam Satgas Covid-19 RS UNS, terdapat sekitar 50 anggota yang terdiri atas tenaga medis, perawat, tenaga kesehatan, tenaga penunjang, dan tenaga administratif. RS UNS akan melakukan proses pemeriksaan terhadap orang dengan dugaan Covid-19 secara bertahap.



Mulai dari melakukan proses wawancara hingga melakukan tes pengambilan sampel lendir di saluran pernapasan atau swab. “Proses pemeriksaan dugaan Covid-19 dilakukan secara bertahap. Mulai dari proses wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang laboratorium, dan bila perlu radiologi. Dari sana akan diputuskan status pasien,” terangnya. Jika masuk dalam kategori suspect, maka perlu pemeriksaan swab di nasofaring dan orofaring.

RS UNS melakukan pemeriksaan sesuai tingkatan tersebut dan sesuai ketersediaan media dan alat swab. Bila nantinya RS UNS mendapati orang yang diperiksa masuk dalam status pasien dalam pengawasan (PDP), RS UNS akan segera melakukan perawatan di ruang isolasi.Selanjutnya dilaksanakan tes swab untuk memeriksa virus.

PDP nantinya juga akan terus dipantau perkembangannya dari hari ke hari sampai virus terbukti sudah negatif dan PDP dinyatakan sembuh. Mengenai ketersediaan ruang isolasi, RS UNS menyiapkan 5 ruang isolasi dengan penggunaan secara selektif sesuai dengan kondisi. Pihaknya menegaskan kesiapan RS UNS sesuai permintaan Kemenkes sebagai RS rujukan.

RS UNS siap berperan aktif dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. “RS rujukan dalam konsep Covid-19 adalah RS yang diharapkan menjadi tempat merujuk pasien yang memerlukan perawatan lebih lanjut. RS UNS juga menjalin koordinasi dan kerja sama erat dengan Dinas Kesehatan dan RS-RS lain untuk bersama-sama menghadapi wabah Covid-19,” pungkasnya.



(nun)