alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Balita Positif Corona di Sardjito Sudah Sembuh dan Dibolehkan Pulang

Priyo Setyawan, Suharjono

YOGYAKARTA - Tim medis RSUP Dr Sardjito Yogyakarta yang merawat pasien balita usia 3 tahun positif virus Corona (Covid-19) menyatakan pasien itu sembuh, Kamis (19/3/2020) sore. Termasuk kedua orangtuanya yang selama ini bersentuhan langsung dengan anak tersebut hasil tesnya juga negatif Covid-19. Karena sudah sembuh, balita dan kedua orang tuanya sudah diperbolehkan pulang kembali ke rumahnya.

“Kami informasikan kabar gembir, anak usia 3 tahun yang dinyatakan positif Covid-19, sudah dinyatakan sembuh, Kamis (19/3/2020) sore,” kata Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, Jumat (20/3/2020).

Banu menjelaskan dengan kesembuhan anak itu termasuk kedua orang tuanya negatif Corona, berarti Covid-19 bisa disembuhkan dan orang tuanya yang bersingungan erat juga tidak tertular. Sebab hasil tesnya negatif.



“Untuk itu masyarakat DIY tidak perlu panik. Tim medis akan bekerja secara optinal sesuai SOP penanggulan wabah Covid-19,” paparnya.

Hanya saja hingga sekarang RSUP Dr Sardjito belum mampu melakukan swab mandiri dan baru bisa melakukan cek up paru-paru baik atau tidak. Untuk negatif atau postif Covid-19 belum bisa melaksanakan. Namun tim medis tetap akan berupaya semaksial mungkin dalammemberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Kami juga menghimbau bagi masyarakat yang pernah berinteraksi dengan orang psotif dengan Covid-19 segera memeriksa ke fasilitas kesehatan terdekat tidak harus ke Sardjito serta memanfaatkan hotline penangganan Covid Pemda DIY,” paparnya.

RSUP Dr Sardjito sendiri hingga sekarang merawat 24 PDP. 23 PDP seudah diambil spesimennya. Dari jumlah itu, dua PDP positif, 13 PDP negatif dan delapan masih dalam prosesn. Sedangkan PDP yang masih dirawat di Sardjito masih ada sembilan PDP.



(nun)