alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wakil Rakyat Disebar Pantau Dampak Turunan Pandemi Corona

Taufik Budi

SEMARANG - Ratusan wakil rakyat DPRD Jawa Tengah disebar ke seluruh daerah pemilihan untuk memantau perkembangan pandemi corona. Langkah itu sebagai pengganti agenda kunjungan kerja yang ditunda hingga 14 hari ke depan.

“Dari tugas anggota DPRD kita alihkan ke daerah pemilihan masing-masing, kami bertugas termasuk saya juga ini untuk memonitor perkembangan meluasnya virus corona di Jawa Tengah,” kata Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto, Rabu 18 Maret.

Para wakil rakyat tak hanya mengedukasi tentang pencegahan dan penularan virus corona, melainkan juga memantau dampak turunan yang ditimbulkan. Mereka akan berada di tengah masyarakat sehingga akan mendapatkan aspirasi secara langsung.



“Pemantauan itu baik itu dari sisi sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun infrastruktur. Tugasnya teman-teman DPRD nanti itu melaporkan di wilayahnya masing-masing tentang perkembangan virus corona atau Covid-19,” terangnya.

“Ini sementara sampai dengan tanggal 31 Maret. Apakah nanti akan diperpanjang, kita tunggu keputusan Badan Musyawarah,” tambah dia.

Dia juga menyampaikan, terdapat lima agenda kunjungan kerja di luar daerah yang dibatalkan akibat merebaknya virus corona. Selain itu, juga terdapat imbauan dari Kementerian Dalam Negeri soal kunjungan luar negeri agar ditunda dan dibatalkan.

“Kemudian juga ada Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa kondisi bencana ini diperpanjang sampai dengan tanggal 29 Mei 2020,” lugas politikus PDIP itu.

“Dengan kondisi yang seperti ini DPRD Provinsi Jawa Tengah mengambil sikap untuk menunda seluruh perjalanan dinas, kunjungan kerja, konsultasi, maupun workshop, termasuk kunjungan luar negeri juga kita batalkan,” tegas dia.



(nun)