alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

15 Pasien Suspect Corona di DIY Tunggu Hasil Uji Laboratorium

Suharjono

YOGYAKARTA - Tingkat serangan virus corona jenis baru, Covid-19 hingga kini belum menunjukkan penurunan. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini masih ada 15 pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona yang masih menunggu hasil uji laboratorium.

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanggulangan Corona, Berty Murtiningsih menjelaskan, dari semua rumah sakit rujukan, sebanyak 31 pasien sudah dilakukan swab. Dari jumlah tersebut, 14 pasien dinyatakan negatif dan dua pasien positif corona.

"Dan kami masih proses atau menunggu hasil uji laboratorium untuk 15 pasien," katanya kepada wartawan, Rabu (18/3/2020). (Baca juga: Guru Besar UGM Positif Terinfeksi Virus Corona)



Untuk memberikan informasi kepada publik atau masyarakat luas, pihaknya sudah memberikan peta persebaran baik pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang dalam pemantauan (ODP). Dengan peta tersebut, selain sebagai informasi juga bisa menjadi kewaspadaan bagi masyarakat.

"Di peta memang tidak ada zona merah, karena wilayah DIY secara epidemologis merupakan wilayah yang padat sehingga tidak bisa dimaknai hanya per kecamatan saja untuk kewaspadaan," katanya.

Berty berharap masyarat di DIY tetap tenang tapi waspada. Arahan gubernur sangat penting untuk dilaksanakan seperti membatasi pergerakan diri apabila tidak penting, mengurangi berkumpul dengan banyak orang, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga stamina, dan berperilaku hidup sehat. (Baca juga: Bertambah Satu, Pasien Positif Corona Meninggal di Jateng Jadi 3 Orang)



(amm)