alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasien Diduga Corona yang Kabur Sudah Kembali ke RSUD Kudus

Taufik Budi

SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyebut pasien yang kabur saat akan dirujuk ke Rumah Sakit Daerah (RSUD) dr Loekmonohadi Kabupaten Kudus, telah ditemukan. Pasien yang sempat menolak dirujuk itu sudah datang sendiri ke RSUD Loekmonohadi Kudus.

Selain menderita gejal klinis berupa panas dan batuk, pasien tersebut yang punya riwayat pergi keluar negeri yakni umrah selama dua pekan. Kemudian, dia memeriksakan diri ke RS Mardi Rahayu Kudus pada Minggu 15 Maret.

Melihat gejala dan riwayat perjalanan pasien, petugas medis hendak merujuknya ke RSUD Loekmonohadi Kudus sebagai rumah sakt rujukan pasien corona. Namun, pasien tersebut memaksa meninggalkan IGD RS Mardi Rahayu.



"Jadi informasinya pasien itu sudah ke RSUD hari ini, berangkat sendiri,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Rabu (18/3/2020).

Pihaknya hingga kini masih menunggu keterangan lebih lengkap mengenai kondisi pasien tersebut. “Keterangannya pasien tidak sesuai dengan saat diperiksa di RS Mardi Rahayu Kudus. Kami masih menunggu keterangan lengkapnya," ungkap dia.

Hingga kini terdapat enam orang di Jateng yang dinyatakan positif menderita corona. Dua di antaranya meninggal dunia, sementara empat pasien masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Selain itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.005 orang, Pasien Dalam Pengawasan 69 orang, di antaranya dirawat 42 orang dan sudah pulang 24 orang.



(nun)