alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasukan Brimob Dikerahkan Semprot Disinfektan Gedung Bioskop

Taufik Budi

SEMARANG - Pasukan Brimob Polda Jateng turut dikerahkan untuk menanggulangi pandemi virus corona atau Covid-19. Mereka akan menyemprotkan disinfektan ke tempat-tempat keramaian seperti pasar, sekolah, hingga gedung bioskop.

“Memberikan penyemprotan disinfektan di tempat keramaian di antaranya terminal, pasar, gedung bioskop, maupun tempat keramaian lainnya, termasuk tempat ibadah,” kata Karoops Polda Jateng Kombes Pol Rachmat Widodo, Rabu (18/3/2020).

Untuk memberikan penyemprotan itu, personel Brimob beserta ratusan polisi di jajaran Polda Jateng mendapatkan pelatihan terlebih dahulu. Mereka dilatih menggunakan apalat pelindung diri (APD) termasuk cairan disinfektan yang disemprotkan.



“Jumlah peserta 132 personel, belum termasuk panitia. Terdiri dari masing-masing Polres 3 orang ditambah Polda. Nanti kita harapkan anggota-anggota yang terlatih ini akan memberikan pelatihan juga di wilayah masing-masing,” harap dia.

Menurutnya, pembekalan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sangat dibutuhkan oleh petugas. Sebab, mereka akan masuk ke tempat-tempat yang sebelumnya dikunjungi oleh pasien dalam pengawasan (PDP) atau orang yang terpapar corona.

“Materi terpenting adalah mengamankan sebelum menyemprot tempat umum, kita harus mengamankan diri sendiri dulu jangan sampai kita terkena penyakit,” tegas dia.

Pasukan polisi itu dalam pelaksanaannya di lapangan akan bergabung dengan petugas BPBD dan Dinas Kesehatan di tiap daerah. Mereka bersinergi memberikan penyemprotan maupun pelayanan kepada masyarakat.

“Kita harus secepatnya untuk ikut menanggulangi bencana Covid-19 ini. Jadi nanti kita bekerja sama saling mendukung antara TNI Polri baik dalam keamanan, pengamanan, maupun pelaksanaan di daerah,” tambah Kalakhar BPBD Jateng Sudaryanto.



(nun)