alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DKK Salatiga Pangkas Anggaran Rp600 Juta untuk Penanganan Corona

Angga Rosa

SALATIGA - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga mengalokasikan anggaran sebesar Rp600 juta untuk percepatan penanganan corona virus disease 2019 (covid-19). Anggaran tersebut berasal dari pemangkasan anggaran kegiatan yang kemudian dialihkah untuk penanganan virus corona.

Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah mengatakan, awalnya anggaran penanganan virus corona akan diambilkan dari pos dana tak terduga senilai Rp3 miliar. Ternyata langkah itu tidak bisa dilakukan lantaran wabah virus corona di Salatiga bukan termasuk bencana.

"Karena itu, kami menggeser atau memangkas anggaran kegiatan dan kami alokasikan untuk penanganan virus corona," kata Siti Zuraida, Selasa (17/3/2020).



Menurut dia, anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan hand sanitizer, sabun, disinfektan dan lainnya yang terkait penanganan virus corona. Nantinya, akan dibagikan ke sekolah-sekolah dan instansi Pemkot Salatiga. "Tiap sekolah akan kami beri hand sanitizer ukuran 550 mililiter," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, penyebaran covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Kare itu, Yuliyanto meminta kepada masyarakat dan semua pihak untuk berperan aktif dalam upaya percepatan penanganan covid-19.

"Kami telah menerbitkan surat edaran tentang percepatan virus corona. Kami berharap, masyarakat melaksanakan hal-hal yang telah kami tuangkan dalam surat edaran," ujarnya.

Adapun hal yang perlu dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona antara lain, mengurangi kontak fisik secara langsung seperti jabat tangan dan mengurangi kegiatan yang melibatkan orang banyak," tandasnya.



(nun)