alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Amien Rais Buka Peluang Munculnya PAN Reformasi

Dzikry Subhanie

JAKARTA - Usulan membentuk Partai Amanat Nasional (PAN) Reformasi mengemuka pascaabsennya nama Amien Rais dalam kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025. Amien pun merespons positif usulan tersebut dan membuka peluang munculnya partai baru.

Respons Amien Rais atas desakan kader PAN untuk membentuk PAN Reformasi tersebut disampaikan melalui video berdurasi 6 menit 39 detik yang beredar di grup WhatsApp sejak Sabtu (14/3/2020) sore.

"Desakan yang riil dari bawah harus saya sahuti, saya respons, saya tidak bisa diam saja. Saya masih rehat, tapi kalau memang itu salah satu solusi yang bagus buat masa depan PAN, kita harus membuat PAN Reformasi, mengapa tidak. Saya pertimbangkan," kata Amien Rais.



Amien mengatakan, dirinya merujuk pada Kitab Suci bahwa pasti bisa memilih kebenaran dan kebatilan. "Kita jadikan UUD kita rujukan baku, ideologi kita Pancasila, filsafat dan wawasan cara kita hidup di negeri yang namanya Indonesia ini kita jadikan referensi juga, kemudian tentu nilai-nilai demokrasi yang saya yakini, dan mudah-mudahan nanti saya bisa umumkan pada saat yang sudah tepat, melihat keadaan bahwa kemungkinan, kemungkinan dan Insya Allah akan muncul partai PAN Reformasi," ujar mantan Ketua MPR RI ini.

Diberitakan sebelumnya, langkah Zulkifli Hasan (Zulhas) yang tidak mengakomodasi Amien Rais dalam kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025 berbuntut panjang. Muncul usulan agar didirikan partai baru bernama PAN Reformasi.

"Perlu kami sampaikan, kami sudah menerima usulan dari 158 DPD dan DPW serta 1.300 tokoh-tokoh yang pernah terlibat di PAN dan tokoh yang pernah terlibat di era Reformasi termasuk tokoh-tokoh Muhammadiyah agar Pak Amien daripada diperlakukan tidak baik oleh PAN agar membentuk PAN Reformasi," ujar Koordinator Pemenangan Mulfachri Harahap, Muhammad Asri Anas kepada SINDOnews, Rabu (11/3/2020).

Dia mengatakan, usulan itu pun sudah disampaikan kepada Amien Rais dalam sebuah pertemuan di rumah salah seorang Pendiri PAN, Putra Jaya Husin.

"Semalam pun kami dengan beberapa DPW dan DPD serta tokoh-tokoh yang ikut mendirikan PAN menyampaikan ke Pak Amien. Tapi Pak Amien masih fokus di gugatan kongres," ujarnya.



(amm)