alexametrics

Deklarasi Pilkades Damai, Ketua DPRD Ajak Warga Kendal Riang Gembira

Ahmad Antoni
Deklarasi Pilkades Damai, Ketua DPRD Ajak Warga Kendal Riang Gembira
Ketua DPRD H Muhammad Makmun menjadi narasumber dalam Deklarasi Damai Pilkades serentak Kabupaten Kendal, Sabtu (14/3/2020). Foto/Dok Humas DPRD Kendal

KENDAL - Sebanyak 1.300 orang menghadiri deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Kendal di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kendal, Sabtu (14/3/2020). Deklarasi damai diikuti para calon kepala desa, panitia Pilkades, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, Forkopimcam dan Forkopimda. Mereka sepakat mendukung Pilkades yang akan dilaksanakan pada 18 Maret 2020.

Untuk diketahui, Pilkades di Kabupaten Kendal diikuti oleh 673 calon yang akan berkompetisi di 199 desa di 19 kecamatan. Deklarasi damai ditandai dengan pembacaan ikrar dan penandatangan bersama oleh para calon, panitia dan tokoh masyarakat.

Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun mengatakan, Pilkades adalah momentum untuk memilih calon kepala desa yang terbaik. Menurutnya, desa saat ini memiliki dukungan anggaran dan kewenangan yang besar, sehingga membutuhkan figur pemimpin yang memiliki kapasitas dan integritas untuk membangun desa.



"Dengan anggaran yang kurang lebih Rp1,5 miliar per desa bisa untuk memajukan desa, mengembangkan BUMDes, mengangkat potensi yang dimiliki desa. Semua ini memerlukan figur-figur pemimpin desa yang memiliki pengetahuan, paham kebutuhan masyarakatnya, dan yang terpenting amanah," kata Makmun.

Dia berpesan kepada para calon agar dalam proses kontestasi dilakukan secara simpatik untuk menghindari gesekan di masyarakat. Menurut Ketua DPC PKB Kendal ini, Pilkades beda dengan pemilihan kepala daerah, di mana calon-calon yang akan berkompetisi sudah dikenal oleh warga. Antarcalon, imbunya, bisa jadi teman bermain waktu kecil atau malah masih saudara.

"Silakan para calon berlomba-lomba untuk mencari simpati dan dukungan dari masyarakat. Pilkades ini bagian dari proses demokrasi, jalani dengan riang gembira. Siapa pun yang menang nanti tugas pertamanya, datangi calon yang hari ini sama-sama hadir untuk berjabat tangan dan ajak untuk bersama membangun desa," katanya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa menegaskan para calon memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyukseskan Pilkades berlangsung secara demokratis dan damai. Selain itu juga mengimbau kepada panitia Pilkades untuk bersikap netral.

Senada, Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana meminta para calon untuk siap menang dan siap kalah. Orang nomor satu di Polres Kendal ini juga meminta para calon mengarahkan para pendukungnya untuk menjaga kondusfitas di masyarakat.



(amm)