alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapal Pesiar Asing Boleh Bersandar di Semarang, Ini Dalih Ganjar

Taufik Budi

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat pertanyaan warga tentang kapal pesiar MV Columbus yang dizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang pada Jumat (13/3/2020) kemarin. Sebanyak 1.044 wisatawan asing langsung turun dari kapal dan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Jateng.

"Ada yang bertanya, 'Pak Ganjar ketika ada kapal merapat berlabuh di Semarang, bagaimana? Apakah tidak bahaya?," kata Ganjar menirukan pertanyaan warga, Sabtu (14/3/2020).

Dia menyebut semua penumpang, termasuk awak kapal telah menjalani pemeriksaan oleh oleh tim medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Pemeriksaan dilaksanakan ketika kapal masih belum bersandar di dermaga pelabuhan. (Baca juga: Kapal Pesiar Bawa 1.044 Turis Bersandar di Semarang, Sudah Dapat Izin?)



"Seluruh protokol yang kita lakukan insyaAllah sudah sesuai dengan urutan-urutan, yang ada mudah-mudahan tidak ada apa-apa," katanya.

Berdasarkan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal scanner, para penumpang dinyatakan sehat sehingga mereka diizinkan turun. "Kami minta wisatawannya diproteksi meski sudah dicek dan negatif. Tetap dikawal kunjungannya ke titik-titik yang khusus dan tidak terlalu banyak keramaian," kata Ganjar.

Sebelumnya diberitakan, kapal pesiar MV Colombus yang mengangkut 1.044 wisatawan mancanegara bersandar di pelabuhan Tanjung Mas Semarang, sekitar pukul 11.30 WIB. Mereka diketahui berasal dari Kanada, Amerika, Inggris, Jerman, Belanda dan Australia.

Sebanyak 350 orang para wisatawan mengikuti paket wisata menggunakan bus dan berkunjung ke Semarang, Borobudur, Ambarawa, dan Mesastila Resort. Sisanya berjalan-jalan di mal, pusat kuliner, dan tempat lainnya.



(amm)