alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Covid-19, Bandara Adisutjipto Disemprot Disinfektan

Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melakukan pembersihan bangunan terminal serta fasilitas di area bandara, Jumat (13/3/2020). Kegiatan ini sebagai antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) melalui bandara.

General Manager (GM) PT AP I Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, sebagai pintu masuk pergerakan orang dari suatu wilayah ke wilayah lainnya maka bandara berpotensi terhadap pandemi Covid-19. Untuk itu perlu beberapa langkah untuk mengantisipasinya. Di antaranya dengan menjaga kebersihan bandara.

"Fokus kami saat ini memastikan kebersihan di area bandara untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19 serta menjaga kenyamanan pengguna jasa bandara dan seluruh personel yang bertugas,“ katanya, Jumat (13/3/2020).



Pandu menjelaskan proses disinfeksi tersebut ditujukan untuk membersihkan sejumlah fasilitas terminal yang berpotensi sering digunakan oleh pengguna jasa bandara, yaitu area Security Check Point (SCP), check-in counter, trolley, ruang tunggu, tombol flush pada toilet, wastafel, area bermain anak, internet corner, reading corner, musholla serta nursery room.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga seluruh area aman. Bersama dengan seluruh komunitas bandar udara, kami telah menerapkan upaya terbaik dalam memitigasi potensi penyebaran virus Corona di area bandara,” paparnya.

Upaya antisipasi penyebaran virus corona di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta telah dilakukan sejak penyebaran Covid-19 terjadi pada akhir tahun 2019. Selain memastikan kesiapan seluruh personel dari instansi terkait, PT AP I juga telah menggelar Posko Waspada Covid-19 bersama instansi pariwisata dan KKP pada 31 Januari 2020.

Pandu menjelaskan beberapa area di terminal juga telah disediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dengan tujuan untuk menerapkan pola hidup bersih bagi pengguna jasa bandara dan personel yang bertugas dalam mengantisipasi potensi penyebaran virus serta bibit penyakit lain.

Secara rutin, PT AP 1 terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kepada setiap penumpang yang datang dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner di terminal kedatangan Internasional dan domestik sebagai langkah untuk mendeteksi kondisi kesehatan penumpang yang baru saja tiba.

“Tidak hanya pemeriksaan, KKP juga telah memberlakukan Health Alert Card sebagai acuan alur perjalanan dan riwayat kondisi kesehatan terakhir yang dialami oleh setiap penumpang,” jelasnya.



(nun)