alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Melihat Markas Polisi Terbesar di Ujung Timur Jateng

Taufik Budi, Ahmad Antoni

WONOGIRI - Markas polisi yang satu ini terbilang istimewa dari lainnya, karena berada di ujung timur Jawa Tengah. Meski sebagai satuan komando paling bawah di tingkat kecamatan, tapi memiliki bangunan megah dan terbesar.

Tepatnya berada di Jalan Pemuda Nomor 19 Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Sesuai dengan territorial, maka kantor polisi ini disebut sebagai Markas Polsek Purwantoro. Bangunan megah dibangun dua lantai berdiri di atas tanah seluas 3.000 meter persegi.

Desain bangunannya juga tampak modern dengan menelan anggaran DIPA Polres Wonogiri sebesar Rp1,9 miliar. Proses pembangunannya memakan waktu selama 150 hari mulai 3 Maret sampai 17 Agustus 2019.



"Gedung baru ini untuk menggantikan gedung lama yang sudah tidak layak," kata Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Kamis (12/3/2020).

Selain beragam ruang untuk operasional kantor polisi, terdapat satu tempat yang disediakan untuk taman bacaan. Bukan sekadar perpustakaan, tapi ruang yang berada di sudut lantai 2 ini juga dipersiapkan untuk belajar siswa.

"Ruangan ini bernama Rumah Semar. Semar ini singkatan dari Semangat Membaca Anak dan Remaja. Jadi anak-anak selain belajar di sekolah bisa pula belajar di Rumah Semar ini," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel usai meresmikan gedung baru Mapolsek Purwantoro.

Menurutnya, kantor polisi nantinya menjadi tempat anak-anak untuk belajar tertib berlalu lintas serta semangat bergotong-royong. Selain itu, menanamkan sikap toleransi agar menjadi budaya ketika mereka beranjak menjadi dewasa.

"Kami berharap Mapolsek Purwantoro menjadi rumah bersama, karena ada rumah baca sehingga bisa mengajak anak-anak berkumpul dan mendapat pengetahuan tambahan," ungkapnya.

Dia juga menyebut Mapolsek Purwantoro sebagai Mapolsek terbesar di Jawa Tengah. Dengan gedung baru dan megah ini diharapkan polisi bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Banyak manfaat dari Rumah Semar ini. Tujuannya juga biar anak-anak enggak takut sama polisi," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan, peresmian Kantor Mapolsek Purwantoro merupakan sebuah komitmen keluarga besar Polri dengan misi besar yakni Polri Promoter.

"Masyarakat melihat transformasi luar biasa, integritas dan dedikasi dari keluarga Polri dalam hal ini Polres Wonogiri. Dengan basis kinerja transparan dan menggunakan teknologi IT mempermudah pelayanan kepada masyarakat, sehingga meningkatkan sinergitas antara masyarakat dan Polri," kata bupati yang akrab disapa Jekek ini.

Bupati mengapresiasi Polda Jateng yang telah memberi perhatian khusus kepada Kabupaten Wonogiri. Kebersamaan sinergitas tersebut menjaga semangat nasionalisme di Kabupaten Wonogiri.



(amm)