alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ketika Kapolda Jateng Blusukan Cek Kebersihan Kamar Mandi

Taufik Budi

KARANGANYAR - Seorang pria berpangkat jenderal bintang dua mendadak blusukan ke kamar mandi markas polisi di Kabupaten Karanganyar. Matanya nanar memandang isi kamar mandi dan memutar keran untuk memastikan air bersih mengalir.

Kedatangan pria itu pun membuat sejumlah anggota polisi setia menunggui di luar. Mereka sibuk menerangkan tentang fasilitas kamar mandi termasuk komitmen menjaga kebersihannya. "Ya, ini airnya mengalir lancar. Juga bersih ruangan kamar mandinya," kata pria yang tak lain adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kamis (12/3/2020).

Dalam kamar mandi masih tercium bau harum aroma terapi. Beragam sabun untuk cuci muka beserta tisu basah maupun kering ditata apik. Letaknya di sudut ruang kamar mandi berukuran cukup sempit itu.



Bangunan kamar mandi tersebut merupakan bagian dari Gedung Satlantas Polres Karanganyar yang baru diresmikan Kapolda Jawa Tengah. Usai potong pita, dia langsung menuju sejumlah ruang kamar mandi yang berdiri berderet.

Selain Gedung Satlantas, juga turut diresmikan gedung baru untuk Satreskrim, dan Sattahti (Tahanan dan Barang Bukti) Polres Karanganyar. Rycko kembali melakukan aktivitas sebelumnya, yakni blusukan ke kamar mandi.

"Ini kamar mandi pria ya," tanya dia disambut jawaban kompak "Iya" oleh polisi-polisi yang berdiri di sekitarnya.

Tiga gedung baru yang dibangun itu menelan anggaran hingga sebesar Rp7,734 miliar, dan dikerjakan dalam waktu 115 hari. Bangunan gedung didesain dua lantai dan dilengkapi juga dengan ruang tahanan untuk pelaku kejahatan yang diproses di Satreskrim.

"Pembangunan sesuai target. Gedung baru ini diharapkan dapat menunjang kinerja polisi melayani masyarakat lebih semangat lagi," kata Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi.



(amm)