alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UNS Mengajar Indonesia Libatkan Ribuan Sivitas Akademika

Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar program UNS Mengajar Indonesia dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-44. Program UNS Mengajar Indonesia telah berlangsung sejak 28 Februari 2020 dengan melibatkan sivitas akademika dan alumni UNS.

Rektor UNS Solo Profesor Jamal Wiwoho mengungkapkan, UNS Mengajar Indonesia antara lain telah berlangsung di Aceh, Medan, Jambi, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. “Itu membuat kami merasa berada di tengah tengah komunitas dunia pendidikan. Karena esensinya adalah universitas harus hadir dan peduli terhadap dunia pendidikan, khususnya berkaitan dengan merdeka belajar dan kampus merdeka,” kata Jamal Wiwoho usai menjalankan program UNS Mengajar Indonesia di SMK Negeri 2 Wonogiri, Selasa (10/3/2020).

Program UNS Mengajar Indonesia, merupakan pertama kali dalam rangka menyambut Dies Natalis UNS ke-44. Pihaknya kemudian membuat desain bagaimana kepedulian UNS di dalam rangka dies natalis kepada dunia pendidikan. “Saya mengajak seluruh dosen, seluruh mahasiswa, dan alumni di seluruh Indonesia untuk bersama sama turun mengajar,” ungkapnya. UNS Mengajar Indonesia sebagai bentuk pengabdian masyarakat sebagaimana tertuang dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.



Yakni meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pihaknya mengajak seluruh sivitas akademika mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga administrasi, hingga alumni untuk bersama sama menumbuhkan keberadaan UNS di tengah tengah masyarakat. Khususnya menyampaikan pesan pesan kepada masyarakat, dan lebih khususnya lagi pada dunia pendidikan.

Penanggungjawab UNS Mengajar Indonesia, Dr Djono mengatakan, UNS Mengajar Indonesia melibatkan dosen berjumlah 1.600 orang, mahasiswa UNS yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebanyak 1.700 orang, dan alumni yang tersebar di seluruh nusantara bekerjasama dengan ikatan alumni UNS (IKA UNS). “UNS Mengajar berlangsung di bulan Februari–Maret 2020,” kata Djono.

Kegiatan UNS Mengajar sebagai bentuk pengabdian dan komitmen memajukan pendidikan dan peningkatan SDM bangsa yang unggul. Tema kegiatan UNS Mengajar Indonesia adalah Peningkatan Daya Saing Bangsa melalui Kualitas SDM Unggul Berdasar Pancasila. “Setiap dosen dan mahasiswa serta alumni yang mengajar, mendokumentasikan kegiatannya dalam bentuk video dengan durasi sekitar 2 menit,” imbuhnya.



(nun)