alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Jepara Ditemukan Tewas Tenggelam di Sungai Bugo Welahan

Angga Rosa

JEPARA - Tim SAR gabungan berhasil menemukan Abdul Ghofur (32), warga RT 04/RW 04 Welahan, Kabupaten Jepara yang terjatuh dari atas pembatas jembatan dan tenggelam di Sungai Bugo Welahan, Selasa (10/3/2020). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya menjelaskan, pada Minggu (8/03/2020) siang, korban dilaporkan terjatuh dari atas pembatas jembatan Welahan dan tenggelam di Sungai Bugo. Selanjutnya, Basarnas Semarang memerintahkan Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara Whisnu Yuas untuk melakukan pencarian korban.

"Basarnas Pos SAR Jepara langsung memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan pencarian dengan menggunakan peralatan SAR air. Akhirnya, tadi pagi korban berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," kata Nur Yahya.



Menurut dia, sebelum terjatuh, korban terlihat sedang duduk di pembatas jembatan Welahan. Kemungkinan korban kehilangan keseimbangan tubuh sehingga jatuh ke Sungai Bugo Welahan. "Korban sempat minta tolong warga sekitar yang berada di jembatan. Namun tak tertolong dan hanyut tenggelam," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara Whisnu Yuas menjelaskan, dalam pencarian korban, tim SAR gabungan menerapkan metode explore penyisiran perahu karet. Dalam proses pencarian tim SAR gabungan menemui hambatan, luasnya sungi yang mencapai 30 meter dan kedalaman yang mencapai 3-4 meter.

"Meski mengalami hambatan dalam proses pencarian, namun akhirnya tim SAR gabungan berhasil menemukan korban. Kemudian korban dibawa ke Puskesmas Pecangan dan operasi SAR dinyatakan selesai. Tim SAR gabungan kembali kesatuannya masing- masing," katanya.



(amm)