alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Virus Corona Mewabah, Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Ditunda

Yova Adhiansyah

ZURICH - Virus corona jenis baru, Covid-19 telah mempengaruhi seluruh sendi kehidupan manusia, termasuk bidang olahraga. Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang akan digelar pada Maret dan Juni 2020 resmi ditunda lantaran mewabahnya virus asal Wuhan, China tersebut.

Keputusan ini dipilih Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) setelah berkonsultasi dengan anggota Asia dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). "Jadwal pertandingan yang awalnya digelar pada 23-31 Maret dan 1-9 Juni ditunda. FIFA dan AFC akan membahas lebih detail mengenai penundaan pertandingan itu,” demikian pernyataan FIFA melalui laman resminya, Senin (9/3).

"Namun untuk mendukung asosiasi yang bersangkutan, dan menjamin standar keselamatan semua individu yang terlibat, asosiasi masih bisa menggelar pertandingan pada Maret dan Juni berdasarkan kesepakatan masing-masing pihak. Tapi itu harus mendapat persetujuan dari FIFA dan AFC."



FIFA dan AFC akan terus mengevaluasi situasi sehubungan dengan penyebaran virus corona dan akan memutuskan apakah diperlukan perubahan lebih lanjut terhadap jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

"Intinya, kami menjunjung tinggi keselamatan dan kesehatan semua individu yang terlibat."

Selain kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala Asia Futsal 2020 yang awalnya digelar di Turkmenistan pada 26 Februari-8 Maret, dijadwalkan berlangsung pada 5-16 Agustus 2020.

Turnamen itu menjadi babak kualifikasi Piala Dunia Futsal 2020 di Lithuania yang digelar 12 September hingga 4 Oktober. Sedangkan pertandingan cabang sepak bola Olimpiade 2020 tetap berlangsung sesuai jadwal. Hanya saja, laga playoff kualifikasi wanita antara Korea Selatan dan China yang sebelumnya mengalami penundaan, dijadwalkan berlangsung disela-sela jeda internasional, 1-10 Juni.



(amm)