alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gelar Rakernas, KSBN Siapkan Rencana Strategi 5 Tahun ke Depan

SINDOnews

YOGYAKARTA - Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Gedung PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta mulai Senin (9/3/2020) hingga Selasa (10/3/2020).

Kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan platform kegiatan budaya yang dapat membantu mewujudkan ekosistem kebudayaan dalam lima tahun ke depan.

KSBN adalah organisasi nirlaba di bidang seni dan budaya yang salah satu misinya adalah memperkenalkan seni dan budaya Indonesia di forum nasional dan internasional yang bertujuan mewujudkan peningkatan budaya bangsa Indonesia.



Organisasi ini juga tidak hanya mengangkat nilai-nilai budaya bangsa Indonesia seperti kuliner, seni, musik, dan tarian-tarian khas Indonesia, juga berperan membangun unsur budaya lainnya seperti ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menghadapi perubahan lingkungan global.

Karena itu, KSBN pun menjadi wadah strategis untuk kreativitas seni dan budaya di Indonesia dimana dalam organisasi ini berkumpul orang- orang, asosiasi-asosiasi, dan komunitas-komunitas yang peduli seni budaya Indonesia. Bahkan saat Rakernas II 2020, ada sekitar 16 Dewan Pimpinan Wilayah KSBN provinsi dan 12 KSBN Kota/Kabupaten yang turut serta di event tersebut.

“Lewat lembaga inilah keragaman seni dan budaya Nusantara bisa terintegrasi dalam konsep Bhineka Tunggal Ika,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KSBN Hendardji Soepandji, pada Rakernas II KSBN dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin (9/3).

Rakernas II KSBN juga diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan nasional mengenai rencana strategi dan program-program yang konkret di bidang seni dan budaya untuk membangun peradaban bangsa dalam lima tahun ke depan (2020-2024). Semua itu dikemas dalam rencana dan strategi (Renstra) lima tahun ke depan.

KSBN juga sudah menyiapkan sejumlah program budaya yang dinilai akan membantu terbentuknya fondasi ekosistem kebudayaan. Di antaranya menggelar Festival Seni Budaya Nusantara di Kawasan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, 7-12 November 2020.

Selain itu, masih ada sejumlah agenda kegiatan utama lainnya yang akan digelar KSBN dalam lima tahun ke depan. Yakni, kegiatan seni dan budaya yang bertema Festival Bahari Pesona Negri Saruma Halmahera Selatan pada 25 Mei – 5 Juni 2021. Kemudian Festival Seni Budaya Kubu Raya di Kalimantan Barat pada 2023, dan Orkestra Borobudur di Magelang, Jawa Tengah pada 2024.

“Kami akan segera menyusun buku panduan pelaksanaan kegiatan Seni dan Budaya, di mana buku panduan ini akan dilengkapi setelah pelaksanaan Rakernas KSBN di Yogyakarta ini,” ujar Hendardi.

Sementara itu Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba mengaku siap menjadi tuan rumah perhelatan Festival Bahari Pesona Negeri Saruma tersebut. Bahkan, Ketua DPW KSBN Provinsi Maluku Utara itu menyebut bahwa pihaknya sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kegiatan tersebut.



(nun)