alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terseret Banjir Bandang, Nenek 79 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa

Taufik Budi

PATI - Seorang nenek ditemukan tak bernyawa diduga akibat terseret derasnya arus banjir bandang di Pati. Jasadnya baru ditemukan empat hari setelah hujan deras yang berakibat banjir besar.

Korban diketahui bernama Sukarti (79), warga Desa Karangawen RT 1/RW 1 Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Peristiwa bermula saat korban mencari rumput ke ladang pada Rabu (4/3/2020) siang.

"Korban pergi ke ladang mencari rumput untuk pakan ternak. Hari itu cuaca sedang hujan dan terjadi banjir, diduga korban hanyut terbawa banjir bandang hilang tenggelam," kata Kepala Basarnas Jateng Nur Yahya, Sabtu (7/3/2020). (Baca juga: Tim Gabungan Temukan Santriwati yang Hilang di Hutan Srikandang Jepara)



Pencarian korban semula hanya dilakukan oleh warga sekitar dan tak membuahkan hasil. Hingga akhirnya warga memutuskan untuk menghubungi petugas SAR, agar ikut membantu melakukan pencarian korban.

"Kami baru terima informasi pagi ini, langsung memperintahkan Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara Whisnu Yuas. Diberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan pencarian dan pertolongan disertai peralatan SAR air," katanya.

Tim SAR gabungan melaksanakan operasi SAR dengan metode susur sungai karena sungai dangkal dipenuhi lumpur. Petugas menyusuri sungai ke arah utara di mulai dari lokasi awal dilaporkan korban terbawa banjir.

"Kondisi Sungai Tambakromo yang dangkal, dipenuhi lumpur tidak bisa untuk menurunkan perahu karet. Pencarian hanya mengandalkan jalan kaki personel," ungkap Whisnu.

"Upaya tim SAR gabungan membuahkan hasil menemukan korban dalam posisi mengambang kurang lebih 4 kilometer dari titik TKP. Selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga," katanya.



(amm)