alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa SMP di Cilacap Diajak Kenali Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Heri Susanto

CILACAP - Sekitar 300 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 2 Cilacap mengikuti sosialisasi pengenalan virus corona serta cara pencegahannya. Sosialisasi di halaman sekolah meliputi pengenalan virus corona, tata cara mencuci tangan, hingga tata cara memakai masker yang benar.

Ratusan siswa dengan seksama mengikuti pengarahan oleh tim dokter, seperti memperagakan cara batuk yang benar, cara memasang masker, hingga cara menghindari penularan virus corona. Semua materi edukasi tentang virus corona ini disampaikan dengan cara santai, sehingga mudah diterima oleh siswa.

Tak hanya teori, sejumlah dokter juga memberikan contoh dan praktik langsung. Para siswa didampingi oleh paramedis mempraktikkan tata cara mencuci tangan yang benar. Tata cara cuci tangan yang benar sangat penting karena dapat mencegah penularan virus corona.



"Kami sengaja mendatangkan dokter agar para siswa mendapatkan ilmu tambahan yang selama ini tidak diberikan di sekolah. Belajar mengenali jenis virus, mengetahui gejala yang ditimbulkan hingga cara pencegahan penularan merupakan cara efektif untuk menghindari penularan virus corona," kata Kepala SMP Muhammadiyah 2 Cilacap, Bambang Kusmiyanto, Sabtu (7/3/2020).

Setelah mengikuti edukasi tambahan selama tiga jam para siswa mengaku senang. Pasalnya mereka mendapatkan ilmu tambahan yang sebelumnya belum mereka dapatkan dari sekolah.

"Setelah edukasi tentang virus corona, pihak sekolah berharap agar para siswa dapat menerapkan ilmu yang didapat dengan menyebarkanya kepada keluarga dan masayarakat sekitar," kata Kepala Puskesmas Cilacap Utara 2, Christ Setiawan.



(amm)