alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Kronologi Penolakan Kapal Pesiar Viking Sun di Semarang

Taufik Budi

SEMARANG - Kapal pesiar Viking Sun yang membawa 848 wisatawan dan 460 kru, ditolak bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang Jawa Tengah. Petugas kesehatan sempat dikerahkan untuk memeriksa seluruh penumpang dan awak kapal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Jadi kronologinya, tadi jam 6 pagi, Pak Kapolrestabes Semarang menginfokan ke saya bahwa ada kapal Viking Sun yang akan bersandar di Pelabuhan Semarang,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengawali penjelasannya kepada awak media, Kamis (5/3/2020).

“Padahal di satu sisi, Wali Kota Surabaya Bu Risma, sudah menolak kehadiran kapal tersebut di Surabaya,” tambah dia.



Berkembang informasi, kapal berbendera Norwegia itu membawa dua penumpang yang diduga terpapar virus corona atau Covid-19. Pria yang akrab disapa Hendi itu pun segera mengumpulkan jajarannya untuk menggelar rapat.

“Maka kita kemudian mengadakan rapat tadi jam 7 pagi. Forkopimda ada Kajari, Kapolrestabes, Danlanal dan tim kami, termasuk teman-teman untuk kemudian menyikapi persoalan-persoalan tersebut,” jelasnya.

“Prosedurnya adalah Syahbandar meminta KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) untuk memeriksa semua penumpang di sana,” imbuhnya.

Hasil pemeriksaan medis, tak ditemukan penumpang maupun awak kapal yang terindikasi Covid-19. Meski demikian, diperoleh kabar jika kapal dengan panjang 228,4 meter itu sempat singgah di Darwin Australia.

‘Ternyata histori perjalanan kapal ini pernah ke Australia, di mana Australia termasuk negara yang saat ini juga terjangkiti virus corona. Maka untuk kenyamanan warga Semarang dan kami ingin menjaga supaya warga Semarang ini terlindungi,” ungkap dia.

“Kami putuskan dari sebuah forum rapat itu dengan para stakeholder Kota Semarang, kami menolak kapal Viking Sun untuk bersandar di Kota Semarang,” tegasnya. (Baca juga : Kapal Pesiar Ditolak Bersandar, Hendi: Risiko Terlalu Besar)



(nun)