alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tingkat Kerawanan Pilkada Kabupaten Kendal Tertinggi di Jateng

Eddie Prayitno

KENDAL - Kabupaten Kendal dinyatakan memiliki indek kerawanan pilkada tertinggi di Jawa tengah dan peringkat kedua di Pulau Jawa. Sedangkan di tingkat nasiona, kerawanan Pilkada Kendal menduduki peringkat ke-14.

Berdasarkan hasil penelitian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), indeks kerawanan pemilu Kabupaten Kendal sebesar 65,33 lebih tinggi dari rata–rata nasional sebesar 51,65. Angka tersebut muncul dari empat dimensi penilaian di antaranya sosial politik dan partisipasi menyeluruh yang menyumbang angka tertinggi.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Kendal, Ahmad Gozali mengatakan, hasil kajian tersebut merupakan momentum bagi Bawaslu Kabupaten Kendal untuk melakukan pencegahan kerawanan pemilu secara maksimal. "Ke depan Bawaslu Kabupaten Kendal akan mengoptimalkan seluruh jajaran Bawaslu dan menggandeng tokoh masyarakat dalam melakukan pengawasan," katanya, Kamis (5/3/2020).



Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Kendal Rukhimudin menilai tingginya indeks kerawanan pemilu di Kabupaten Kendal menjadi tantangan bagi penyelenggara pemilu untuk menciptakan pemilu yang jurdil, kondusif serta berkualitas.

"Tingkat kerawanan ini tidak perlu dikhawatirkan, justru harus dijadikan sebagai peringatan dini supaya semua pihak yang terlibat dalam pilkada ini benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik," katanya.

Selain pelaksana yang harus profesional, juga perlu peran masyarakat, terutama kalangan pemuda supaya berani bertindak jika mengetahui tindak pelanggaran pemilu.



(amm)