alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sambangi MAN Kendal, Ketua Dewan Berbagi Pengalaman dengan Pelajar

Ahmad Antoni

KENDAL - Pendidikan ikut mendorong kesuksesan seseorang dalam meniti karir dan masa depannya. Karena itulah, kualitas lembaga pendidikan dalam membekali anak didiknya dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sangat penting. Menanamkan pendidikan karakter juga menambah nilai tambah bagi pelajar.

Pembahasan ini muncul dalam talk show yang digelar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal, Rabu (4/3/2020) dengan menghadirkan alumni yang telah berkiprah di lintas bidang.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun yang didaulat menjadi salah satu narasumber berbagi pengalamannya. Makmun mengatakan, bekas almamaternya ini sebagai sekolah pilihan yang menawarkan banyak keunggulan. Selain pengetahuan dan keterampilan, juga membekali para siswa dengan bimbingan keagamaan.



“Disiplin ilmu yang diberikan kepada siswa sangat lengkap. Dari segi pendalaman pengetahuan dan keterampilan mampu mengimbangi kebutuhan pasar industri yang ada,” kata Makmun yang merupakan Alumni MAN Kendal tahun 1998 ini.

“Selain itu ditambah bimbingan keagamaan untuk keseimbangan dalam menyikapi perkembangan teknologi. Saya bisa berdiri di sini juga berkat bekal yang saya dapatkan dari sekolah ini,” ujar Ketua DPC PKB Kendal.

Sementara itu, Kepala MAN Kendal, Muhamad Asnawi mengatakan bahwa slogan sekolah MAN mengusung filosofi “three in one school”. Menurutnya rangkaian slogan itu berarti memiliki keunggulan dalam bidang pengetahuan, ketrampilan dan keagamaan.

“Di bidang ketrampilan MAN Kendal telah menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dan melibatkan pemangku kebijakan terkait. Di bidang pengetahuan, bisa bersaing dengan sekolah lainnya dengan banyak prestasi yang diraih. Sedangkan di bidang keagamaan anak didik disiapkan menjadi calon pendakwah atau pemimpin yang amanah melalui pembelajaran kitab kuning,” jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu yang menjadi ciri khas sekolahnya adalah program keterampilan di samping program unggulan lainnya berupa Boarding School Ma’had Al-Aqwam.

Sementara itu, selain Ketua DPRD, talk show juga menghadirkan Ketua Komite MAN Kendal KH Ali Chasan, Meina Tri Kurniasih alumni yang sukses menjadi dai muda, dan Zaki Abdillah, seorang programer dan dosen.

Melalui talkshow ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan juga pelajar SMP dan MTs untuk memilih sekolah yang lengkap bimbinganya mulai pengetahuan, ketrampilan dan keagamaan.



(nun)