alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lanud Adisutjipto Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan

Priyo Setyawan

SLEMAN - Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta menggelar latihan pertahanan pangkalan (Hanlan) selama dua hari mulai Rabu (4/3/2020) hingga Kamis (5/3/2020). Kegiatan ini akan berlangsung di dua tempat, yaitu Lanud Adisutjipto dan Lapangan Terbang Gading, Playen, Gunungkidul.

Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto Marsma TNI Bob Henry Panggabean membuka kegiatan tersebut di lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Rabu (4/3/2020).

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Bob Henry Panggabean mengatakan latihan Hanlan ini untuk memberi pengetahuan serta memantapkan ketrampilan anggota dalam memelihara dan meningkatkan skill untuk pencegahan dini serta tanggap situasi pengamanan wilayah Lanud Adisutjipto.



“Dengan tercapainya keterpaduan antar satuan bukan hanya menjaga keamanan dan pertahanan pangkalan namun juga terujinya prosedur tetap (protap) tentang keamanan dan pertahanan pangkalan TNI AU Adisutjipto,” kata Marsma TNI Bob Henry Panggabean dalam sambutannya saat membuka latihan Hanlan di lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Rabu (4/3/2020).

Untuk itu berharap melalui pelaksanaan latihan Hanlan akan tercapai sesuai sasaran yaitu meningkatnya kemampuan perorangan dan kelompok dalam menjaga keamanan dan pertahanan Lanud Adisutjipto.

Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Feri Yunaldi menambahkan dalam latihan Hanlan ini akan dilaksanakan beberapa materi yaitu pengecekan pasukan dan perlengkapan, teori dan praktek bongkar pasang senjata, teori dan praktek penggunaan kompas, teori taktik regu, pleton dan kompi serta drill pertempuran regu, pleton dan kompi.

“Selain itu, juga akan dilaksanakan pengintaian sasaran dan perebutan pangkalan serta patroli menuju lapangan terbang. Latihan ini akan berlangsung di Lapangan Terbang Gading, Gunungkidul,” tambahnya.



(nun)