alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rem Blong, Truk Hantam Pikup dan Motor di JLS Salatiga

Angga Rosa

SALATIGA - Kecelakaan lalu lintas beruntun terjadi di jalan lingkar selatan (JLS) Salatiga, Rabu (4/3/2020). Truk Mitsubishi colt diesel bernopol AA 1584 PK menabrak mobil pikup Mitsubishi L300 bernopol H 1734 ZD dan sepeda motor Honda H 6460 AID.

Diduga, kecelakaan lalu lintas ini disebabkan rem truk tidak berfungsi alias blong. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya, kerugian yang ditimbulkan mencapai jutaan rupiah.

Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Joko Lelono menjelaskan, peristiwa itu bermula ketika truk yang dikemudikan Projo Tri Wahyuhanto (31) warga Sigug RT 03 RW 02 Bumiharjo, Borobudur, Kabupaten Magelang melaju dari arah Kopeng, Kabupaten Semarang menuju Salatiga. Ketika melaju di jalan menurun sebelum lokasi kejadian, tiba-tiba rem truk tidak berfungsi.



“Truk langsung melaju kencang. Sesampainya di simpang empat Kumpulrejo, sopir truk membanting setir kanan dan masuk ke JLS,” jelas AKP Joko Lelono.

Namun dari arah Solo menuju Semarang melaju mobil pikup yang dikemudikan Aris Budi Supriyono (30) warga Tluko RT 15 RW 9 Butuh, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang dan motor yang dikendarai Iqbal Firdauzi Nut S (21) warga Sidomukti RT 02 RW 05 Weleri, Kabupaten Kendal. Lantaran jarak sangat dekat, akhirnya truk menabrak mobil pikup dan motor.

Benturan keras mengakibatkan truk terguling dan kendaraan bermotor yang dihantam ringsek. Kejadian ini mengakibatkan arus lalu lintas di jalur Solo – Semarang, JLS macet total dalam beberapa waktu.

Sebelumnya, kecelakaan lalu lintas yang diduga disebabkan rem blong terjadi di simpang empat Kumpulrejo. Truk Mitsubishi colt diesel bernopol AB 8085 FD yang dikemudikan Khafidun (45) warga Salam RT 01 RW 04 Banjaretno, Kajoran Kabupaten Magelang terguling setelah rem tidak berfungsi saat melintasi jalan menurun dari arah Kopeng menuju Salatiga.

“Sebelum masuk ke JLS, sopir membanting stir ke kiri dan menabrak pembatas jalan lingkar selatan. Akhirnya truk terguling dan muatanya tumpah ke jalan,” kata Joko.



(nun)