alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ziarah TMP dan Kirab Budaya Warnai Acara Peringatan SU 1 Maret

Wahyu Nugroho

YOGYAKARTA - Rombongan Kasiter Korem 072 Pamungkas dengan dipimpin Kolonel Harry berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Yogyakarta, Senin (2/3/2020) pagi. Ziarah dalam rangka Peringatan 71 Tahun Serangan Umum (SU) 1 Maret ini turut diikuti perwakilan Yayasan Kajian Citra Bangsa (YKCB), Lukman Boer dan Bakarudin.

Menurut Ketua YKCB, Lukman Boer, agenda tersebut merupakan serangkaian dengan kegiatan sehari sebelumnya, Minggu (1/3/2020), yakni acara kirab budaya dalam rangka memperingati SU 1 Maret di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Kegiatan kirab itu pun diikuti segenap kelompok masyarakat, mulai dari siswa Akademi Militer Magelang, SMA 8 yogyakarta, prajurit keraton hingga aparatur sipil daerah Kabupaten dan Provinsi.

"Kirab ini juga dihadiri Sekretaris Yayasan Dharmais, Mayjen TNI Purn. Issantoso selaku perwakilan yayasan yang didirikan Presiden Soeharto," ujar Lukman Boer melalui pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews di Jakarta, Senin (2/3/2020).



"Kirab ini ditujukan untuk melestarikan budaya dan juga sebagai sarana transformasi nilai-nilai perjuangan pendiri bangsa pada generasi muda agar selalu berkomitmen terhadap cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia," lanjutnya.

Sebelumnya, dalam rangkaian Maret Bulan Soeharto, diadakan pula Bakti Sosial untuk masyarakat tidak mampu. Kemudian, talkshow dengan menggandeng TVRI Yogyakarta dalam acara Plengkung Gading bertajuk "Mengenang Jasa Soeharto dalam Serangan Oemoem 1 Maret 1949: 6 Jam di Jogja".

Talkshow tersebut menghadirkan Prof Haryono Suyono bersama para narasumber lain, seperti Bupati Kulonprogo Soetedjo; Sekretaris Yayasan Damandiri, Firdaus; Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Alimatus Sahra; Ketua KMA PBS, Suaib Didu; Ketua Yayasan Dharmais, Indra Kartasasmita; Ketua LPPM Mercu Buana, Awan Santoso; Prof Ali Agus, Dekan Peternakan UGM; dan Bidan Purnawati.

"Kirab peringatan SU 1 Maret dan talkshow Plengkung Gading merupakan dua kegiatan yang terintegrasi dengan rangkaian acara Maret Bulan Soeharto yang terselenggara berkat kerjasama dan dukungan dari Yayasan DAKAB, Damandiri, Dharmais, Amal Bakti Muslim Pancasila, Trikora, Dana Gotong Royong Kemanusiaan Ibu Tien Soeharto, Supersemar, Harapan Kita dan Universitas Trilogi," tutup Lukman.



(amm)