alexametrics

Coba Suap Petugas Imigrasi, Pria Indonesia Dihukum 6 Minggu

Muhaimin
Coba Suap Petugas Imigrasi, Pria Indonesia Dihukum 6 Minggu
Marsari, 42, pria Indonesia yang dipenjara di Singapura atas tuduhan mencoba menyuap petugas imigrasi setempat. Foto/CPIB

SINGAPURA - Ada-ada saja. Gara-gara mencoba menyuap petugas Imigrasi Singapura sebesar Rp1,7 juta, seorang pria Indonesia dijatuhi hukuman penjara enam minggu. Demikian pengumuman Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB), Jumat (22/2/2019).

CPIB, dalam sebuah pernyataan, mengatakan pria bernama Marsari, 42, ini memasuki Singapura dari Batam melalui jalur laut pada 14 Februari. Dia kemudian ditahan oleh petugas ICA karena diduga merusak paspor.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, seorang petugas ICA memberi tahu Marsari bahwa ia telah melakukan pelanggaran dengan memberikan seorang petugas imigrasi sebuah paspor yang diduga dengan stempel rekayasa.



Marsari menjawab dengan mengatakan dia ingin pulang. Dia kemudian menawarkan kepada petugas 170 dolar Singapura atau sekitar Rp1,7 juta, agar ICA membiarkannya pergi. Petugas ICA menolak suap, dan masalah itu dilaporkan ke CPIB. CPIB mengatakan Singapura mengadopsi pendekatan nol toleransi terhadap korupsi.



(nun)