alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Kendal Dukung LPM NU Cetak Generasi Berkarakter dan Berdaya Saing

Ahmad Antoni

KENDAL - Nahdlatul Ulama (NU) telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan bangsa khususnya di sektor pendidikan. Melalui Lembaga Pendidikan Maarif (LPM), NU telah mencetak generasi yang tidak hanya memahami norma-norma agama tapi juga siap menghadapi tantangan zaman.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun saat menerima audiensi dalam rangka Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) Lembaga Pendidikan Maarif PCNU Kendal di ruang Rapat Paripurna DPRD Kendal, Sabtu (29/2/2020).

Menurutnya, pendidikan merupakan kunci keberhasilan bangsa di masa yang akan datang. Maarif sebagai lembaga pendidikan, imbuhnya, memiliki peran yang sangat strategis karena memuat pendidikan berkarakter.



“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Kendal, berterima kasih kepada Maarif yang telah membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa. Maka sudah sepatutnya kami mendukung apa yang menjadi program Maarif dalam mengemban misi pendidikan yang berkarakter dan berdaya saing," kata Makmun yang juga Ketua DPC PKB Kendal ini.

Senada juga diungkapkan Ketua Komisi D, Mahfud Shodiq. Dia mengatakan bahwa terbuka peluang bagi Maarif untuk menyampaikan aspirasi. Mahfud yang juga pernah menjadi kepala sekolah di MTs NU di Patean itu berjanji akan mendorong agar sekolah Maarif mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Contoh kasus hari ini, dalam ujian nasional besok APBD tidak menganggarkan untuk MI dan MTs karena berbagai alasan dan keadaan. Tapi untuk tahun 2021, jika memang masih ada ujian untuk MI dan MTs, kami akan dorong agar dianggarkan di APBD,” kata Mahfud.

Sementara itu, Ketua Pengurus LP Maarif NU Kendal, Ibnu Darmawan menambahkan, pihaknya akan menekankan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi perkembangan zaman. Terutama kualitas tenaga pendidik dengan meningkatkan kompetensi dan kepribadian para guru.

“Peran guru sangat penting karena untuk bisa membangun karakter dan perilaku anak didik, perlu tingkat kompetensi dan kepribadian guru yang memadai,” tandas Ibnu.

Rakorcab LP Maarif Kendal diikuti oleh pengurus Maarif dan ratusan guru di lingkungan sekolah Maarif NU se-Kabupaten Kendal. Selain itu juga hadir KH Danial Royyan selaku Ketua PCNU Kendal serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kantor Kementrian Agama Kendal.



(nun)