alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diguyur Hujan Deras, Ribuan Rumah di Cilacap Terendam Banjir

Heri Susanto

CILACAP - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cilacap menyebabkan ribuan rumah di 8 desa terendam banjir. Genangan diperparah dengan meluapnya Sungai Ciberem yang tak mampu menahan debit air setelah hujan deras selama beberapa jam. Ketinggian air yang menggenangi ribuan pemukiman penduduk bervariasi antara 50 cm hingga 1 meter.

Delapan desa yang terendam banjir yakni Desa Sidareja, Gunungreja, Tegalsari, Tinggarjaya, Sidamulya, Sudagaran, Wringinharjo, dan Bangunreja, yang berada di tiga kecamatan. Curah hujan tinggi yang terjadi selama berjam-jam menjadi pemicu banjir yang menggenangi ribuan pemukiman penduduk ini.

"Banjir juga diperparah oleh luapan Sungai Ciberem akibat tak mampu menambu debit air," kata Warga Sidareja, Sadiman, Jumat (28/2/2020).



Menurutnya, sedikitnya 2.000 rumah penduduk terendam banjir akibat luapan anak Sungai Citandui tersebut. Banjir terparah terjadi di Desa/Kecamatan Sidareja, Cilacap dengan ketinggian hingga mencapai lebih dari satu meter.

"Selain merendam rumah penduduk, banjir juga merendam jalan-jalan penghubung antardesa. Akibatnya genangan banjir membuat perekonomian lumpuh," kata Sadiman.

Meski banjir menggenangi pemukiman penduduk tapi warga masih bertahan di rumah masing-masing. BPBD Cilacap mengimbau agar warga waspada akan kembali naiknya genangan banjir jika hujan kembali turun.



(amm)