alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Puan Maharani Sambut Gibran sebelum Fit and Proper Test di DPP PDIP

Abdul Rochim

JAKARTA - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di kantor DPP PDI Perjuangan Jakarta, Senin (10/2/2020). Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo lainnya, Achmad Purnomo da Teguh Prakoso juga ikut dalam tes tersebut.

Sebelum melangsungkan uji kepatutan dan kelayakan, Ketua DPP PDIP Puan Maharani sempat berfoto bersama dengan Gibran, Purnomo, dan Teguh Prakoso didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Bambang Wuryanto.

Hasto mengatakan, partainya memang memberikan perhatian khusus pada Pilkada Kota Solo yang menjadi basis suara PDIP. Menurut Hasto, Kota Solo merupakan daerah penting dan strategis bagi PDIP karena proses kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berasal dari Solo. (Baca juga: Fit And Proper Test di Jakarta, Gibran Satu Pesawat dengan Purnomo)



"Dan di situ merupakan die hard-nya banteng di Jawa Tengah dan Indonesia sehingga hal ini dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai juga dengan mekanisme partai," urainya.

Dalam fit and proper test ini, para bakal calon kepala daerah maupun wakil diuji komitmen mereka dalam menjalankan kepemimpinan sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah. "Dan juga tentu saja aspek-aspek leadership itu sangat penting, tetapi juga konsepsi," katanya.

Selain mengacu pada hasil fit and proper test, penentuan rekomendasi juga mengacu pada aspek aspirasi dari seluruh masyarakat yang dilihat melalui survei. Kemudian faktor kepemimpinan, dan kemudian juga komitmen di dalam membangun Kota Solo. (Baca juga: Siap Jalani Uji Kelayakan, Gibran dan Purnomo Tiba di DPP PDIP)



(amm)