alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa SMP Joannes Bosco Yogya Pentaskan Jonggrang Mendobrak Malam

Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - SMP Joannes Bosco Yogyakarta menggelar pentas Jonggrang Mendobrak Malam di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu (8/2/2020). Pentas seni yang melibatkan 230 siswa-siswi kelas VII-IX ini merupakan sebagai agenda rutin tahunan untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa, termasuk pembinaan karakter.

Kepala SMP Joannes Bosco Yogyakarta, Asterina Septiyani mengatakan, pentas seni bukan sekedar agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan sebagai ujian akhir seni budaya bagi siswa kelas IX, tapi juga mengkolaborasikan kemampuan siswa dalam olah pikir dan olah rasa yang dikemas dalam sajian teaterikal yang menuntut kerja sama dan ketekunan dari para siswa.

"Kegiatan ini sekaligus untuk membina kreativitas dan menggali serta mengasah potensi siswa. Sehingga otak kanan dan kiri siswa ada keseimbangan bukan hanya akademis tapi juga seni," kata Asterina.



Pentas seni ini juga untuk memberikan kesempatan kepada siswa siswi menunjukkan talenta sekaligus memotivasi kepercayaan diri untuk tampil di muka umum serta mengenalkan integritas dan pendidikan karakter kepada para siswa.

"Selain pentas seni, para siswa kelas IX juga menampilkan karya lukis dan antologi cerpen," katanya.

Kepala Yayasan Santo Dominikus Yogyakarta Suster Rosiani OP mengaku sangat mendukung pentas seni ini. Sebab di tengah kurang pedulinya generasi muda terhadap seni dan budaya, pelajar SMP Joannes Bosco tetap mencintai dan dengan antusias mengembangkan budayanya sendiri.



(amm)