alexametrics

Tergelincir, Pesawat dengan 177 Penumpang Ini Patah Jadi 3 Bagian

Muhaimin
Tergelincir, Pesawat dengan 177 Penumpang Ini Patah Jadi 3 Bagian
Sebuah pesawat milik Pegasus Airlines patah jadi tiga bagian setelah tergelincir di Istanbul, Rabu (5/2/2020). Pesawat ini membawa 177 penumpang dan enam awak. Foto/Istanbul Security Directorate/Anadolu

ISTANBUL - Gara-gara tergelincir di landasan pacu Bandara Istanbul, sebuah pesawat yang membawa 177 penumpang patah menjadi tiga bagian. Pesawat tergelincir setelah mendarat dalam cuaca buruk pada hari Rabu.

Ajaibnya, menurut para pejabat setempat tidak ada yang meninggal dalam kecelakaan ini.

Pesawat itu terbang ke bandara Sabiha Gokcen di Istanbul dari kota Aegean, Izmir, dalam cuaca yang sangat basah. Lembaga penyiaran NTV memperlihatkan gambar-gambar pesawat yang rusak parah dan kobaran api di dalamnya.



Para petugs pemadam kebakaran dengan cepat memadamkan kobaran api tersebut. Gambar siaran langsung televisi Turki menunjukkan beberapa penumpang memanjat melalui celah besar di pesawat dan melarikan diri di salah satu sayap di bagian belakang pesawat.

Pesawat itu dioperasikan oleh maskapai berbiaya rendah Pegasus Airlines. Menurut media setempat, TRT, pesawat membawa 177 penumpang dan diyakini memiliki enam awak.

Menteri Transportasi Mehmet Cahit Turhan mengatakan tidak ada kematian, dan mayoritas penumpang dapat turun dari pesawat itu sendiri.

Tidak diketahui berapa banyak orang yang terluka. Para petugas saat ini sedang membantu para penumpang dan awak pesawat.

"Pesawat terbelah setelah pendaratan yang kuat," kata Turhan seperti dikutip NTV, Kamis (6/2/2020). Sebelum kecelakaan itu, ada angin dan hujan yang sangat kencang.

Menurut kantor berita Anadolu, beberapa petugas pemadam kebakaran dan petugas kesehatan telah dikirim ke tempat kejadian.



(nun)