alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

JAT Siap Berlaga di Singapura Air Show 2020

Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meninjau kegiatan latihan Jupiter Aerobatik Team (JAT) atau tim aerobatik TNI AU di Base Ops Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Jumat (31/1/2020). Latihan ini sebagai persiapan mengikuti Singapura Air Show 2020 yang akan berlangsung 11-18 Februari 2020 di Singapura.

Sesi latihan Jupiter di Base Ops Lanud Adisutjipto berlangsung selama kurang lebih 15 menit tampil dengan sempurna menampilkan 15 manuver udara di antaranya Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Clover Leaf, Break Off, Jupiter Wheel, Tango To Diamond, Screw Roll, Leader Benefit, Mirror, Jupiter Roll, Five Cards Loop Solo Spin, Jupiter Roll Back dan Boom Burst.

JAT berjunlah 7 pesawat dengan crew 15 orang dan ground crew 40 orang. Supervisor JAT Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Bob Henry Panggabean, Mission Comander Danwingdikterbang Kolonel Pnb Dedi Susanto, Leader Danskadik 102, Letkol Pnb Muhammad Yunus, Jupiter 2 “Right Wing” Kapten Pnb Ngurah Satya, Jupiter 3 “Left Wing” Kapten Pnb Pujo Setyo Anggoro.



Jupiter 4 “Slot” Letkol Pnb Iwan Setiawan, Jupiter 5 “Lead Synchro” Mayor Pnb Dika Mahendra dan Jupiter 6 Synchro Mayor Pnb Ari Widodo dan Jupiter 7 Narator Kapten Pnb Bayu Anugerah.

Dalam kesempatan tersebut KSAU juga memberikan pengarahan kepada seluruh tim yang akan berangkat agar selalu mengutamakan safety dalam setiap kegiatan penerbangan.

Sebagai duta bangsa dan negara Indonesia, JAT merupakan representasi dari kemampuan dan keprofesionalan penerbang TNI AU dalam mewujudkan World Class Air Force di mata dunia internasional. Selain itu JAT juga mendapat pembekalan tentang pencegahan dan penanganan virus Korona dari Kepala RSPAU Hardjolukito, Marsma Djunadi

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan kedatangannya ke Lanud Adisutjipto untuk melihat kesiapan JAT yang akan mengikuti Singapura Air Show, 11-18 Februari 2020. Terutama melihat manuver yang akan ditampillkan di Singapura benar-benar aman menarik dan bisa dibanggakan. Ini merupakan latihan terakhir sebelum berangkat ke Singapura.

“JAT akan berangkat tanggal 3 Februari untuk persiapan dan 11 Februari tampil di Singapura.Selama di Singapura akan tampil sebanyak enam kali,” jelas Yuyu, usai memberikan briefing anggota JAT di Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (31/1/2020).

Selain itu, juga melihat kesiapan crew dan ground crew serta pesawat dan suku cadang yang akan dibawa ke Singapura. Juga briefing pembekalan, khususnya yang menyangkut dengan keselamatan terbang dan kerja.

“Mudah-mudahan mereka bisa tampil baik di Singapura Air Show, karena JAT bukan hanya kebangaan Lanud Adisutjipto dan TNI AU namun juga bangsa Indonesia. Mereka tidak hanya tampil di dalam tapi juga di luar, seperti Singapura Air Show dan tahun lalu ikut Langkawi, Malaysia,” paparnya.

Mengenai virus Corona di Singapura, Yuyu menjelaskan karena ada 10 warga Singapura yang sudah terjangkit virus Corona, sehingga anggota JAT mendapat pembekalan dari kepala RSPAU Hardjolukito Marsma Djunadi. Terutama apa yang harus dipersiapkan dan lakukan saat di Singapura. Seperti harus pakai apa jika di tempat umum dan harus selalu fit. Untuk itu akan memberikan mereka dengan vitamin.

“Secara umum saya melihat manuver JAT sekarang lebih bisa dinikmati, memukau dan rapi. Apalagi mereka sudah lama dan setiap latihan terus mengembangkan mana yang lebih baik. Saya mohon doa restu dari seluruh Indonesia, JAT bisa berangkat, tampil dan kembali serta membanggakan kita semua,” terangnya.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Ambar Rejiyati menambahkan sebelum tampil di Singapura Air Show JAT telah melaksanakan latihan intensif sebanyak 6 kali latihan. Rencana akan bertolak menuju Singapore , Senin (3/1/2020) dengan rute Lanud Adisutjipto, Halim Perdanakusumah, Palembang dan Singapura.



(nun)