alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kasus Harun Masiku Makan Korban, Dirjen Imigrasi Ronny Sompie Dicopot

Dita Angga Rusiana

JAKARTA - Kasus Harun Masiku memakan korban. Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny F Sompie dicopot dari posisinya sebagai Dirjen Imigrasi oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Yasonna menyebut bahwa posisi Dirjen Imigrasi diisi oleh pelaksana harian (Plh).

"Sekarang Dirjen Imigrasi sudah di-Plh," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Pencopotan ini berkaitan dengan kesimpangsiuran posisi politikus PDI Perjuangan Harun Masiku. Yasonna mengatakan, saat ini Ronny dialihkan ke jabatan fungsional.



Selain Ronny, Yasonna juga mencopot Direktur Sistem dan Teknologi Informasi (Dirsistik) Keimigrasian Alif Suaidi. "Dirsistik Keimigrasian juga karena dia turut sangat menentukan kenapa sistem tidak berjalan dengan baik. Mereka bertanggungjawab soal itu," ungkapnya.

Yasonna mengatakan, telah menunjuk Plh Dirjen Imigrasi. Di mana saat ini Irjen Kemenkumham Jhoni Ginting ditunjuk sebagai Plh Dirjen Imigrasi. "(Plh) Ya per hari ini, hari ini. Tadi siang," tuturnya.

Menurutnya, pencopotan ini dilakukan agar tim independen yang dibentuknya dapat bekerja dengan maksimal. Seperti diketahui Yasonna membentuk tim yang berasal dari Kemenkominfo, BSSN, Bareskrim Polri dan Ombudsman untuk menyelidiki terjadinya kesimpangsiuran informasi yang disebabkan oleh delay-nya sistem.

"Ada yang janggal, makanya saya bilang ini harus tim. Kalau tim saya nanti orang enggak percaya. Maka saya katakan tim cyber crime dari Polri, tim Kemenkominfo yang sangat ahli di situ, tim BSSN yang sangat ahli di situ dan Ombudsman," jelasnya.

"Ombudsman karena lembaga pengawas birokrasi dan lain-lain. Mungkin ada yang tidak benar di situ supaya independen. Supaya itu betul-betul independen maka Dirjen Imigrasi difungsionalkan, sekarang plh," tambahnya.



(nun)