alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polandia Borong 32 Jet Tempur Siluman F-35 AS

Muhaimin

WARSAWA - Pemerintah Polandia memastikan memborong 32 unit pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS). Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak mengatakan negosiasi untuk pembelian itu hampir selesai.

"Negosiasi untuk membeli 32 pesawat dari AS hampir selesai dan unit pertama akan siap (untuk dikirim) pada tahun 2024," kata Blaszczak kepada penyiar Polish Radio yang dilansir Defense News, Jumat (24/1/2020).

Dalam apa yang bisa menjadi kontrak pertahanan terbesar yang akan ditandatangani di negara Eropa Tengah-Timur tahun ini, Polandia akan menjadi pengguna pertama jet tempur generasi kelima Lockheed Martin di wilayah tersebut. Pesawat canggih itu akan melengkapi armada 48 F-16 negara tersebut.



Menteri pertahanan itu tidak mengungkapkan nilai akhir dari pengadaan F-35. Pada September lalu, menyusul persetujuan Departemen Luar Negeri AS atas potensi penjualan dengan perkiraan USD6,5 miliar, Blaszczak mengatakan kementeriannya berharap mendapatkan label harga istimewa untuk pesawat tempur siluman itu, sama halnya dengan akuisisi sistem rudal Patriot dari Raytheon oleh Warsawa.

Untuk mengurangi harga jet-jet tempur, Kementerian Pertahanan Polandia dilaporkan memutuskan untuk tidak menandatangani perjanjian penggantian kerugian dengan pihak AS. Sumber yang dekat dengan kesepakatan itu mengatakan kepada harian Dziennik Gazeta Prawna bahwa kontrak final bisa bernilai sekitar USD4 miliar (Rp54,5 triliun), termasuk logistik dan pelatihan.



(nun)