alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bulan Depan UNY Mulai Bangun Kampus Vokasi di Gunungkidul

Suharjono

GUNUNGKIDUL - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mulai melakukan sosialisasi kepada warga Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Langkah ini menyusal bakal segera dibangunnya kampus vokasi yang akan dimulai pertengahan bulan Februari mendatang.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan, untuk tahap pertama akan segera dibangun satu bangun dengan nilai Rp19 miliar. Direncanakan pembangunan tahap pertama selesai pada Agustus. "Ini untuk kelas vokasi diploma 4 dan bulan September sudah digunakan," terangnya saat sosialisasi di Balai Desa Pacarejo Semanu, Selasa (21/1/2020).

Dijelaskannya, untuk tahap pertama akan dibuka tiga kelas vokasi. Untuk bidang sosial dua kelas dan satu kelas untuk teknik." Makanya kita siapkan laboratorium, karena untuk teknik butuh lab," katanya.



Diharapkan kampus yang aka dibangun bertahap di lahan seluas 4,8 hektar ini akan dibangun selama 10 tahun. Ditargetkan lima tahun bangunan relatif lengkap. "Warga Gunungkidul kita beri prioritas minimal 50 persen," lanjut dia.

Selain itu kampus Vokasi ini juga berusaha mengget warga Klaten, Wonogiri, Pacitan dan sekitarnya. "Makanya kita sosialisasi karena pasti nanti banyak kendaraan berlalu lalang, kami minta izin dan mohon doa restu kepada warga masyarakat," tandas Sutrisna.

Sementara Asisten Bidang addministrasi Umum Pemkab Gunungkidul Anik Indarwati menyambut baik rencana pembangunan UNY. Diharapkan hal ini ikut mendorong naiknya indeks pembangunan manusia (IPM) di Gunungkidul. "Kami berharap besar dengan UNY karena bisa mendorong pembangunan dan kemajuan di Gunungkidul," katanya Rabu (22/1/2020).



(nun)