alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kalah AS Roma, Juventus Rebut Kembali Puncak Klasemen Serie A

Muhammad Mirza

ROMA - Juventus kembali memuncaki klasemen sementara Serie A Italia 2019/2020 setelah mengandaskan tuan rumah AS Roma, Senin (13/1/2020) dini hari. Gol Cristiano Ronaldo dari titip putih memastikan kemenangan La Vecchia Signora 2-1 di Olimpico.

Meski demikian, Juventus nyaris saja terpeleset pada laga tandang itu. Soalnya, sanggup mencetak dua gol dalam tempo 10 menit, tuan rumah sempat membalasnya lewat penalti pada pertengahan babak kedua.

Armada Maurizio Sarri langsung menekan begitu laga dimulai. Alhasil, Juventus bisa segera unggul 1-0 pada menit ketiga melalui Merih Demiral. Tidak berselang lama, tim tamu mendapat hadiah penalti dimenit ke-10.



Ronaldo yang dipercaya sebagai algojo, tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Mengandalkan pengalaman dan ketajaman, mantan penyerang Real Madrid itu memaksa kiper Pau Lopez memungut bola dari dalam gawangnya.

Namun, setelah itu Juventus tidak bisa lagi menambah gol hingga turun minum. Kondisi ini tidak berubah hingga pertengahan babak kedua. Alih-alih memperlebar keunggulan, Roma malah memperkecil ketertinggalan setelah Diego Perotti memaksimalkan tendangan 12 pas di menit ke-68.

Beruntung Juventus bisa mencegah I Lupi menyamakan kedudukan hingga laga usai. Alhasil, Si Nyonya Tua bisa kembali memuncaki klasemen sementara Serie A. Mereka kini mengumpulkan 48 poin hasil 15 menang, tiga imbang dan satu kalah.

Paulo Dybala dkk kini unggul dua poin dari Inter Milan yang sebelumnya ditahan Atalanta 1-1. Ini juga menjadi kemenangan pertama Juventus setelah pergantian tahun, dan sekaligus mengobati kekecewaan setelah dihabisi Lazio 1-3 saat Supercoppa Italiana .

Sementara bagi Ronaldo ini membuktikan kalau ketajamannya belum pudar. Sebab, pemain berusia 34 tahun itu terus mencetak gol selama enam pertandingan berturut-turut di Serie A. Bahkan, pada laga sebelumnya saat melibas Cagliari 4-0, dia mencetak hat-trick pertamanya di Italia.



(amm)