alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Libur Natal dan Tahun Baru, Trafik XL di Jateng-DIY Naik 108%

Ahmad Antoni

SEMARANG - Trafik data khusus XL Axiata di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami peningkatan signifikan selama masa libur antara 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020, yakni sekitar 39% dibanding hari normal. Jika bandingkan periode yang sama tahun lalu, kenaikan trafik data bahkan mencapai 108%. Layanan data Game menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Web Browsing dan Streaming.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti mengatakan, selain menjadi tujuan wisata selama libur Natal dan Tahun Baru, Jateng juga menjadi jalur perlintasan bagi masyarakat yang hendak menuju Jawa Timur.

"Sesuai dengan perkiraan sebelum libur panjang, beberapa area yang mengalami kenaikan trafik data adalah beberapa kota besar antara lain Semarang, Tegal, Solo, Purwokerto, dan Yogyakarta, yang naik antara 12% hingga 35%," tutur Sofia dalam siaran pers, Sabtu (4/1/2020).



Kenaikan trafik data pun juga terlihat di sepanjang tol Trans Jawa yang menghubungkan beberapa kota besar di Jawa Tengah mulai Brebes hingga Semarang, Solo dan Sragen, yaitu rata-rata sekitar 53%. Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Adi Soemarmo, serta sejumlah stasiun kereta utama.

Di Yogyakarta dan sekitarnya, yang menjadi salah satu tujuan wisata utama nasional, kawasan Malioboro yang padat wisatawan sepanjang hari dan terutama di malam Tahun Baru, memberikan kontribusi kepadatan trafik data. Demikian juga dengan kawasan pantai-pantai di Gunungkidul, Candi Prambanan, dan Kaliurang.

Menurutnya, hal yang paling utama adalah XL bisa melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik.

"Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-arae baru di seluruh Indonesia," katanya.



(amm)