alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penerbangan Yogya-Halim Perdana Kusuma Kembali Normal

Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Penerbangan rute Yogyakarta-Halim Perdana Kusuma Jakarta yang sempat terganggu karena banjir, kembali berjalan normal, Kamis (2/1/2020).

"Hari ini semua penerbangan Yogyakarta, baik dari Adisutjipto maupun YIA ke Halim Perdana Kusuma sudah normal kembali," kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Kamis (2/1/2020).

Pandu menjelaskan, penutupan Bandara Halim Perdana Kusuma karena banjir menyebabkan 22 penerbangan dari dua maskapai terganggu. Maskapai Batik Air 12 penerbangan dan Citylink 10 penerbangan. Dari 22 penerbangan itu, 12 di antaranya dibatalkan (enam Citilink dan 6 Batik Air) serta 10 penerbangan (enam Batik Air dan empat Citilink) reload atau pemindahan rute ke Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng.



"Untuk yang cancel ada dua pilihan refund (pengembalian uang) atau reschedul (penjadwalan ulang). Alhamdulllah hari ini Halim lancar dan seluruh penerbangan tidak ada yang mengubah rute. Yaitu rute
Yogya-Halim maupun sebaliknya Halim-Yogya," katanya.

Pandu mengaku sudah mendapat surat edaran dari Kementerian Perhubungan terkait cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir. Kemenhub meminta Angkasa Pura I Yogyakarta meningkatkan kewaspadaan dan melakukan antisipasi. Di antaranya dengan mengalihkan penerbangan tujuan Bandara Adisutjipto ke YIA, jika memang untuk pendaratan tidak memungkinkan, terutama terkait jarak pandang minimal.

"Beberapa hari ini cuaca memang kurang bagus, sehingga ada beberapa penerbangan yang terganggu. Untuk yang jarak pandangnya terganggu dialihkan ke YIA yang kapasitas panjang landasan memenuhi persyaratan dan aman, yaitu 3.250 meter," katanya.

Selain itu, juga sudah menyiapkan moda transportasi darat untuk penumpang Bandara Adisutjipto yang turun di YIA, yaitu kereta api, bus, dan shuttle bus.



(amm)