alexametrics

Diguyur Hujan Deras, Jalan Tol Pemalang-Batang Banyak Berlubang

Suryono Sukarno
Diguyur Hujan Deras, Jalan Tol Pemalang-Batang Banyak Berlubang
Kendaraan melintas di samping jalan berlubang di Jalan Tol Pemalang-Batang, Kamis (2/1/2020). Kerusakan jalan segera diperbaiki dengan sistem tambal sulam. FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO

PEKALONGAN - Ruas jalan tol Pemalang-Batang banyak berlubang setelah diguyur hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Lebar dan kedalaman lubang bervariasi antara 30 cm hingga 1,5 meter.

Kondisi ini cukup membahayakan pengguna jalan tol, sehingga pengelola segera melakukan perbaikan dari mulai KM 331 hingga 322 dengan sistem tambal sulam. Pekerjaan ini membuat arus lalu lintas sedikit tersendat. Antrean kendaraan mencapai 300 meter karena harus berjalan satu per satu melewati lokasi perbaikan.

Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Ariakta Gagah Nugraha menyebutkan, pihaknya melakukan patroli dan berkoordinasi dengan pengelola tol agar kerusakan bisa segera diperbaiki. "Dari yang kita pantau, jalan berlubang mulai KM 331 sampai 322 arah Semarang-Jakarta dan juga sebaliknya," katanya, Kamis siang (2/1/2020).



Berdasarkan data Satlantas Polres Pekalongan, lebih dari 10 titik kerusakan atau jalan berlubang sepanjang 12 km jalan tol Pekalongan di sisi kanan dan kiri. "Perbaikan jalan ini diharapkan segera bisa dilakukan sehingga lalu lintas tidak terganggu dan tidak membahayakan pengguna jalan," ujarnya.

Perbaikan jalan berlubang diperkirakan selesai dalam satu hari jika tidak hujan. Namun jika hujan deras turun, maka bisa memerlukan waktu lebih lama.

General Manager Konstruksi Jalan Tol dari SMJ, Riza Faisal menyebutkan, hari ini langsungmelakukan penambalan ruas jalan tol yang berlubang. "Kerusakan diperkirakan karena curah hujan tinggi. Juga banyak kendaraan berat melintas. Jalan berlubang langsung diperbaiki semoga cuaca mendukung sehingga cepat selesai," katanya.

Agar tidak terjadi hambatan, telah dilakukan rekayasa lalu lintas oleh PJR dan tim patroli jalan tol untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang mengarah ke Jakarta juga arah Semarang. Selain berlubang juga ada genangan air di dua titik di km 334. Bagi pengguna tol yang akan melewati di ruas tol Pemalang-Batang untuk selalu berhati-hati.



(amm)