alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rektor UNY Ancang-Ancang Maju di Pilkada Gunungkidul

Suharjono

YOGYAKARTA - Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa mengaku siap diusung menjadi calon bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2020 mendatang. Putra daerah tersebut telah menyiapkan program pembangunan di kabupaten terluas di DIY tersebut.

Sutrisna Wibawa termasuk tokoh yang dijajaki oleh sejumlah partai politik untuk diajukan menjadi calon bupati. Bahkan tim Pilkada DPD PAN Gunungkidul telah memasukannya dalam nominasi bupati.

"Kalau diminta untuk membangun Gunungkidul saya siap," katanya kepada SINDOnews, Kamis (26/12/2019).



Menurutnya, Gunungkidul memiliki potensi besar untuk maju. Dengan sentuhan teknologi informasi, semua lini bisa dikembangkan. Terlbih lagi di era revolusi industri 4.0, maka sektor pertanian, pendidikan, kerajinan budaya, dan pariwisata bisa berkembang secara sinergis. "Maka dari itu teknologi informasi harus dikuasai," katanya.

Sebagai orang asli Gunungkidul, kata Sutrisna, dia memiliki niat kuat dan semangat memberikan kontribusi kepada Gunungkidul. Dan hal itu tidak harus dilakukan dengan menjadi bupati. "Kalau diminta ya siap. Namun untuk membangun bisa juga tidak menjadi bupati," kata pejabat asli Bejiharjo, Karangmojo tersebut.

Sutrisna juga sudah menyiapkan prioritas utama dalam membangun Gunungkidul dengan menularkan praktik, baik yang sudah diteliti dan terbukti berhasil dilakukan saat menjadi Rektor UNY maupun pendidikan tinggi. Misalnya pengembangan usaha kecil menengah atas produk-produk inovatif, pariwisata, agribisnis, hingga budaya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Karena dengan sumber daya manusia yang baik, maka Gunungkidul sebagai daerah dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Terlebih lagi, secara kekayaan alam maupun laut Gunungkidul sangat unggul untuk dimanfaatkan sebagai sarana pariwisata dan agribisnis," katanya.



(amm)