alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UNY Beri Beasiswa dan Laptop Kepada Mahasiswa dari Keluarga Tak Mampu

Suharjono

GUNUNGKIDUL - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan beasiswa dan bantuan laptop gratis kepada mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu di Gunungkidul.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan, ada beberapa mahasiswa Gunungkidul yang kehidupan ekonominya kurang beruntung. Namun semangat mereka untuk berprestasi sangat luar biasa. "Di tengah keterbatasan para mahasiswa memiliki semangat besar untuk menimba ilmu dan melakukan perubahan, ini kita berikan apresiasi," katanya.

Beberapa mahasiswa yang diberikan apresiasi adalah Bayu Prasetyo, mahasiswa sekaligus atlet SEA Games 2019; Inggried Marwanti, penerima beasiswa bidikmisi; dan Dika Andri Pradana, warga Desa Bejiharjo, Karangmojo.



Sembari menjalani studinya di S1 Pendidikan Bahasa Jerman UNY, Andri mengadakan pelatihan pengelolaan desa wisata secara intensif kepada Karang Taruna di Dusun Gerjo, Paliyan, Gunungkidul. Anak-anak muda daerah tersebut dilatih bagaimana menyambut wisatawan, kiat-kiat menjadi pemandu wisata, bahasa Inggris dasar, hingga studi analisis dan kajian bisnis terkait pariwisata.

Andri berhasil melakukan penelitian dan pelatihan tersebut, dengan cara menularkan praktik baik sekaligus pengalaman dari objek wisata Gua Pindul.

"Atas kerja keras dan ikhtiar Andri memajukan pariwisata di tengah segala keterbatasannya, Andri diganjar dua medali sekaligus dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Denpasar baru-baru ini. Satu medali emas kategori presentasi, dan satu medali perak kategori poster. Dia kami berikan beasiswa seminar internasional di Korea sekaligus laptop," kata Sutrisna.

Yuli Dwi Saputri, mahasiswi berprestasi dari keluarga tidak mampu di Dusun Duwet, Wonosari, juga memperoleh laptop. Saat menempuh pendidikan di SMKN 2 Wonosari, Yuli telah mencetak banyak prestasi di tingkat regional dan nilai akademis yang tinggi. Prestasi tersebut mengantarkannya diterima di S1 Pendidikan Teknik Elektro pada 2019 melalui jalur SNMPTN tanpa tes dan mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Sutrisna berharap kepedulian UNY kepada anak-anak seperti Andri dan Yuli dapat menjadi contoh dan dorongan bagi mahasiswa lainnya. Agar para mahasiswa terus serius belajar, berkarya, dan berprestasi. Terlebih lagi, pasti setiap agama mendorong para umatnya untuk berkarya dan bermanfaat bagi sesama.



(amm)