alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UNY Segera Bangun Kampus Vokasi di Semanu Gunungkidul

Suharjono

GUNUNGKIDUL - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) segera membangun kampus di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Gedung yang akan dibangun tahun depan ini diperuntukkan bagi program keahlian atau vokasi.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengungkapkan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Pemkab Gunungkidul untuk membangun kampus vokasi tersebut. Lahan seluas lima hektare sudah siap digunakan. "Kita rencanakan Prodi vokasi akan berdiri di Gunungkidul," katanya kepada wartawan di Wonosari, Selasa (24/12/2019).

Dengan kehadiran kampus di Kabupaten Gunungkidul, diharapkan masyarakat dapat memperoleh ilmu lebih baik. Tingkat pendidikan masyarakat Gunungkidul menjadi lebih baik sehingga pola pikirnya pun berubah ke arah yang positif. "Gunungkidul ini merupakan daerah yang banyak memiliki tantangan ekonomi, tapi bisa menjadi segudang potensi," ujarnya.



Sutrisna juga yakin dengan dibangunnya perguruan tinggi negeri di Gunungkidul akan berdampak pada perekonomian warga lokasi kampus. "Kegiatan kerja sama ini merupakan wujud komitmen UNY dalam peningkatan pendidikan di Indonesia," katanya.

Menurut Sutrisna, kampus vokasi ke depan akan terus berkembang dan membutuhkan areal lahan lebih luas lagi, sekitar 10 hektare. Rektor UNY ini yakin target itu akan tercapai dalam waktu 10 tahun. "Tahap awal kita maksimalkan lahan untuk 5 hektare dan mudah-mudahan langsung bisa buka untuk delapan prodi. Target kami mahasiswa Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan bisa kita gaet," kata Rektor UNY yang lahir di Gunungkidul ini.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, pihaknya akan berupaya memenuhi lahan yang dibutuhkan UNY. Diharapkan sebelum 10 tahun kebutuhan lahan bisa dipenuhi. "Proses terus dilakukan dan akan dipenuhi sebelum masa akhir. Mudah-mudahan secepatnya," katanya.



(amm)