alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunungkidul Terus Diguncang Gempa

Suharjono

GUNUNGKIDUL - Dalam tiga hari terakhir, Gunungkidul terus diguncang gempa. Hari ini gempa kembali terjadi dengan magnetudo 3,2 SR.

Informasi yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebutkan gempa magnetudo 3.2 SR, pada hari ini terjadi pada pukul 09:21:05 WIB. Gempa pada lokasi 8.91 LS,110.24 BT atau 109 km barat daya Gunungkidul dengan kedalaman 10 Km.

Gempa yang terjadi pagi tadi menjadi gempa kelima kali sejak Senin (9/12/2019). Kendati demikian masyarakat tidak banyak yang merasakan gempa.



Dedi salah satu warga Dusun Siyono Kulon, Logandeng, Playen mengaku kaget ketika melihat informasi gempa dari HP android miliknya. Diapun menanyakan keluarganya dan tidak ada yang merasakan. "Padahal 3,2 SR tapi tidak banyak yang merasakan," tuturnya kepada SINDOnews, Rabu (11/12/2019).

Dowoun mengaku memilih memantau informasi BMKG untuk melihat lebih jauh gempa yang sudah tiga hari terjadi di Gunungkidul.

"Saya terus terang khawatir, karena sudah tiga hari gempa, lokasi juga barat daya Gunungkidul semua. Seakan tidak bergeser," ulasnya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, pihaknya memang terus memantau perkembangan gempa bumi yang berpusat di barat daya Gunungkidul. Hanya saja sampai dengan hari ini tidak tidak menimbulkan gangguan berarti.

"Kalau ditanya terkait lokasi gempa yang di barat daya selama tiga hari ini, kami tidak bisa menjawabnya. Yang bisa kami sampaikan gempa tidak berdampak pada kerusakan dan aktivitas warga," katanya singkat.



(nun)