alexametrics

Besok, Polisi Panggil Rocky Gerung terkait Ucapan Kitab Suci Fiksi

Okezone
Besok, Polisi Panggil Rocky Gerung terkait Ucapan Kitab Suci Fiksi
Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya akan memanggil Rocky Gerung terkait ucapannya kitab suci fiksi dalam sebuah acara televisi pada Kamis 31 Januari 2019. FOTO/DOK.SINDOphoto

JAKARTA - Intelektual publik Indonesia, Rocky Gerung Kamis (31/1/2019) akan dipanggil Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Metro untuk dimintai keterangan terkait ucapannya soal "kitab suci fiksi" dalam talk show di stasiun televisi, beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan pemanggilan bukanlah dalam rangka pemeriksaan. Menurut Argo, agenda kali ini adalah untuk proses klarifikasi terlebih dahulu terhadap Rocky selaku saksi terlapor.

"Pemanggilan untuk klarifikasi ya," kata Argo saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (30/1/2019).



Argo menuturkan, dalam hal ini, surat pemanggilan tersebut telah dilayangkan ke Rocky. Rencananya, pemeriksaan itu akan berlangsung pada mulai pukul 10.00 WIB.

Sekadar diketahui, Rocky dipanggil atas laporan yang dilimpahkan dari Bareskrim Polri ke Polda Metro Jaya. Laporan dibuat oleh Jack Boyd Lapian ke Bareskrim Polri pada 16 April 2018.

Laporan Jack diterima dengan LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018 dimana Rocky disangkakan melanggar Pasal 156a KUHP.

Selain itu, Rocky Gerung juga dilaporkan ke Polda Metro oleh Ketua Cyber Indonesia, Permadi Arya alias Abu Janda atas tuduhan melakukan ujaran kebencian bermuatan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menilai motif utama pelaporan Rocky Gerung ke pihak Kepolisian diyakini karena aktivitas yang bersangkutan belakangan ini di dunia politik.

"Motif utama dari pelaporan ini menurut kami adalah betul-betul karena aktivitas Rocky Gerung di dalam kancah politik kita saat ini yang memang beliau menjadi seorang fenomena, tokoh fenomenal yang baru muncul," kata Ferdinand kepada SINDOnews, Rabu (30/1/2019).

Selain itu, dia menilai sosok Rocky Gerung mampu menggaet ribuan suara. "Bahkan puluhan ribu, bahkan ratusan ribu dan mungkin akan jutaan suara yang akan mengikuti kampanye akal sehat Rocky Gerung," ujar Ferdinand yang juga sebagai Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini.



(AMM)