alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kenali Lima Efek Samping Diet Keto

Tedy Ahmad

JAKARTA - Apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan atau hanya berusaha tetap bugar, Diet ketogenik yang juga dikenal sebagai diet keto ini telah terbukti cukup efektif dan terkenal.

Memang benar dan bahkan ilmu pengetahuan mengatakan bahwa diet keto dapat membantu menurunkan angka pada skala Anda. Tetapi, ketika Anda menjalani diet ini, hal itu bukan tanpa efek samping, tapi mungkin Anda tidak menyadarinya.

Jadi, sebelum Anda mempertimbangkan untuk mengikuti diet keto ini, seperti dilansir Times of India, ada baiknya mengenal 5 efek samping umum dari diet keto:



1. Flu keto
Beberapa orang jatuh sakit setelah mereka memulai diet ini. Mereka mungkin mengalami gangguan pencernaan, sakit kepala, dan merasa lemas. Semua ini adalah gejala "Keto flu". Flu umumnya disebabkan karena tubuh Anda mulai menggunakan lemak daripada karbohidrat untuk menghasilkan energi.

Studi menunjukkan bahwa sekitar 25 persen orang yang mencoba diet keto mengalami gejala-gejala ini. Tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena keto flu hilang setelah seminggu setelah tubuh beradaptasi dengan perubahan tersebut.

2. Berat awal Anda bisa kembali
Diet keto dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat di awal, tetapi sebagian besar waktu berat ini kembali ke awal. Ini terjadi karena karbohidrat mengandung lebih banyak air dibandingkan dengan protein dan lemak.

Jadi, ketika Anda beralih ke diet keto rendah karbohidrat, Anda kehilangan semua berat air secara instan. Berat yang Anda turunkan pada awalnya sebagian besar adalah berat air yang kembali setelah beberapa hari.

3. Sembelit
Saat mengikuti diet keto, Anda mungkin lebih sering berlari ke toilet. Anda mungkin merasa sembelit karena kurangnya konsumsi serat yang terjadi karena asupan karbohidrat yang lebih sedikit. Ketidakteraturan pergerakan usus adalah efek samping umum dari rencana makan rendah karbohidrat. Untuk memastikan pergerakan usus yang mudah, makan beberapa serat dari makanan yang ramah keto, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

4. Nafas keto
Ketika Anda mengikuti diet keto, tubuh Anda masuk ke ketosis dan mulai memproduksi produk sampingan yang disebut keton. Tubuh Anda juga menghasilkan zat kimia yang disebut aseton yang umumnya ditemukan dalam penghapus cat kuku.

Molekul aseton sangat kecil sehingga melewati paru-paru dan Anda menghembuskannya saat bernafas. Ini menghasilkan "napas keto". Anda mungkin memiliki rasa logam di mulut Anda, tetapi hilang setelah beberapa minggu.

5. Haus sepanjang waktu
Anda mungkin benar-benar merasa kering ketika sedang menjalani diet keto. Ini karena Anda mengeluarkan semua air ekstra dari tubuh yang akan membuat Anda merasa haus sepanjang waktu. Jadi, cobalah untuk minum lebih banyak air untuk memastikan Anda tidak mengalami dehidrasi.



(nun)