alexametrics

Tujuh Laga Tak Pernah Menang, Arsenal Pecat Pelatih Unai Emery

Muhammad Mirza
Tujuh Laga Tak Pernah Menang, Arsenal Pecat Pelatih Unai Emery
Arsenal resmi memecat pelatihnya, Unai Emery setelah tak pernah menang dalam tujuh laga beruntun. FOTO/Teamtalk

LONDON - Arsenal secara resmi memecat pelatih Uni Emery. Pelatih asal Spanyol tersebut harus meninggalkan Emirates Stadium setelah menjalani tujuh pertandingan beruntun tanpa kemenangan sekali pun.

Kekalahan 1-2 dari Eintracht Frankfurt pada partai kelima penyisihan Grup F Liga Europa, Jumat (29/11) rupanya menjadi laga terakhir Emery sebagai arsitek The Gunners. Pasalnya, pria berusia 48 tahun itu kini sudah menjadi pengangguran.

Arsenal juga mengkonfirmasikan bahwa Freddie Ljungberg untuk sementara akan menjadi pelatih interim sampai pelatih baru diangkat. Tugas pertamanya adalah membantu Meriam London bangkit dari keterpurukan saat nanti melawan Norwich City pada lanjutan Liga Primer, Minggu (1/12).



“Keputusan ini diambil karena hasil dan performa yang diperlihatkan tidak berada di level yang diharapkan. Kami sudah meminta kepada Freddie Ljungberg untuk mengambil tanggung jawab sebagai pelatih interim . Kami sangat percaya dia bisa membawa kami maju ke depan,” jelas pernyataan Arsenal, dilansir skysport.

Adapun pemecatan Emery sejatinya telah diprediksi sejak awal. Kekalahan dari Frankfurt dipercaya sudah membuat kesabaran para petinggi Arsenal habis. Soalnya, klub London Barat itu kini sudah melewati tujuh pertandingan disemua kompetisi tanpa kemenangan.

Bahkan, sejak menggantikan Arsene Wenger pada 23 May 2018, hasil kerja Emery dianggap masih belum memuaskan. Dia gagal membawa pasukannya tampil di Liga Champions karena hanya finish di posisi kelima pada musim perdananya.

Selain itu, Emery juga tidak mampu mempersembahkan gelar Liga Europa lantaran dikalahkan Chelsea di final. Itu berarti, kebersamaannya bersama Arsenal hanya berlangsung sekitar selama 17 bulan. Dia mengikuti jejak Mauricio Pochettino yang sebelumnya didepak Tottenham Hotspur.

Selama bertugas, Emery hanya mencatat 43 menang, 16 imbang, dan 19 kalah dari total 78 laga, atau dengan persentase kemenangan 55,1%. “Pencarian pelatih baru sudah dilakukan. Dan, kami akan mengeluarkan pengumuman resmi setelah semua prosesnya selesai,” tambah pernyataan Arsenal.



(amm)